Are You a Zetizen?
Show Menu

Beda Cowok Grooming Sekarang dan Dulu

Zetizen Zetizen 25 Jul 2016
Beda Cowok Grooming Sekarang dan Dulu

 

Zetizen.com – Nggak kalah dari cewek, gaya cowok juga berubah sesuai tren. Meski perubahannya nggak secepat para cewek yang hobi dandan, standar cowok grooming pun bergeser dari masa ke masa. Yang dulu dianggap berlebihan untuk dilakukan cowok yang memperhatikan penampilan, sekarang udah biasa banget.

Zaman Mesir Kuno
Pada zaman mesir kuno, perawatan yang dilakukan cowok cukup ribet. - Foto: humaniora


Zaman Mesir Kuno (3150 SM)
Pada zaman ini, perawatan yang dilakukan cowok justru lebih ribet daripada sekarang. Sebab, saat itu, cuaca di Mesir cukup ekstrim. Jadi, orang-orang harus sering mandi dengan scrub dan minyak khusus biar kulit nggak kering. Perawatan itu juga berlaku buat cewek. Nah, untuk urusan rambut, pilihannya masih terbatas. Kebanyakan sih memilih botak biar nggak panas. Oh ya, cowok-cowok pada zaman ini dijamin mulus tanpa bulu loh!

Zaman Romawi (753 SM)
Cowok-cowok pada zaman ini menganggap spa dan sauna sebagai hal yang sakral. Selain itu, mereka juga memakai make-up, mengecat rambut, sampai mewarnai kuku. Yap, mereka grooming banget. Waktu para cowok bertemu di tempat pemandian, biasanya mereka berbagi resep grooming. Semacam ngerumpi gitu. Bahkan, Alexander the Great yang terkenal garang di medan perang juga suka grooming. Dia sampai mengumpulkan tiap tanaman dari tiap negara yang dikunjunginya buat diolah jadi skin care dan beauty product lain.

Era Victoria (1837)
Pada masa ini, para cowok mulai meninggalkan kebiasaan grooming. Sebab, hal itu dilarang oleh gereja. Bahkan, grooming untuk cowok dianggap berkaitan sama ritual penyihir loh! Hiyyy... seram. Memang masih ada segelintir cowok yang grooming. Tapi, perusahan-perusahan yang mengeluarkan produk perawatan buat cowok banyak yang gulung tikar.

David Beckham dijadikan panutan sebagai penampilan ideal cowok. - Foto: intrigue


Akhir 1900-2000-an
Mulai masa inilah stigma cowok metroseksual (cowok yang memperhatikan penampilan dan modis) mulai berlaku. Alhasil, tren grooming buat cowok mulai berkembang lagi. Mulai banyak produk khusus cowok. Mulai dari skin care sampai gel rambut. Tren ini juga didukung sama penampilan artis-artis Hollywood yang membuat image metroseksual semakin ingin ditiru.

Sekarang
Pasar kosmetik yang menarget konsumen cowok terus berkembang nih. Dilansir dari Independent, pada 2015, nilai pasar produk kosmetik cowok naik 300 persen dari 2013! Produk yang mendongkrak penjualan itu skin care loh, bukan shaving product. Selain itu, menurut Mintel, rata-rata cowok di dunia mencari dan membeli produk perawatan secara online dibandingkan cewek. Hmmm... Jangan heran ya kalau mulai banyak teman cowokmu yang lebih paham tentang beauty routine he he.

 

Kalau menurutmu, cowok grooming itu wajar nggak sih? (apetogentlemen/independent/aw/rat)

(gif by giphy)

RELATED ARTICLES

Please read the following article