Are You a Zetizen?
Show Menu

BELAJAR DARI MEDSOS? KENAPA NGGAK?

Ratih Mg Ratih Mg 27 Dec 2022
BELAJAR DARI MEDSOS? KENAPA NGGAK?

Zetizen-Siapa bilang teknologi cuma bisa memperbudak manusia? Kalau penggunanya pintar memanfaatkan teknologi seperti membuat filter kuis di Instagram story, anggapan itu tentu gampang dipatahkan. Apa sih yang bikin orang-orang suka bikin filter kuis? Yuk, simak cerita di baliknya! (fik/c12/rat)

 Hobi melakukan editing sejak duduk di bangku SMA membuat skill yang dimiliki Fahreza tentunya ciamik. Ketika orang-orang belum ramai membuat filter story di Instagram seperti sekarang, Fahreza jadi salah satu yang terdepan. "Mulai coba bikin filter dari Facebook. Baru ketika Instagram open for public, coba bikin dan keterusan sampai sekarang," ujarnya. 

Fahreza bisa dibilang sebagai salah satu kreator yang membuat ramal Instagram dengan filter kuis dan permainan. Total kurang lebih ada enam filter bertema kuis dan permainan yang sudah dibuatnya. "Mulai kuis tebak gambar sampal truth or dare. Yang paling ramal Itu, filter "Sebutkan!". Impresinya sampal 300 juta," jelas Fahreza.

Ditanya soal Inspirasi, Fahreza mengaku mendapatkan ide secara spontan. Biasanya ide-ide tersebut dicatatnya untuk kemudian diseleksi. "Pasti aku catat dulu. Baru nanti aku pikir kira-kira yang bakal ramai tuh yang kayak gimana. Nanti baru dicoba untuk dibuat," terang cowok asal Jogjakarta tersebut.

Fahreza Okasahisnu (@fahrezaos)

 "Kalau orang lain bisa, kenapa aku nggak". Prinsip itu menjadi pedoman bagi Jansen, salah satu kreator yang membuat filter kuis bertema pelajaran di Instagram. Mulai ekonomi, pendidikan kewarganegaraan, bahasa Inggris, hingga kuls bertema keagamaan juga dibuat cowok asli dari Bengkalis tersebut.

Uniknya, Jansen justru nggak menyukai ketiga pelajaran yang dia buat untuk dijadikan filter kuls. "Jadi, aku sebenarnya nggak suka sama tiga pelajaran itu, apalagi ekonomi, karena aku ambil jurusan IPA di sekolah. Tapi, Justru di sini aku mau buktiin. Walau nggak suka, nggak berarti nggak bisa," jelas cowok yang masih duduk di bangku SMA Itu.

Tanpa memiliki background dalam dunia desain ataupun augmented reality (AR), Jansen mengaku mempelajari semuanya secara otodidak. "Aku belajar beberapa bulan untuk AR cuma biar bisa buat filter Inl. Dan bersyukur banget banyak yang menggunakan dan mengapresiasi. Total dari ketiga filter tadi udah 24 juta Impresi sampai sekarang," tutupnya semringah.

Peter Yohansen (@jansensphtr)

 Berawal dari kebosanan karena harus tetap di rumah selama pandemi, keisengan Yuna justru memberikan keseruan bagi para pengguna Instagram. Filter buatannya ramai digunakan untuk seru-seruan sambil belajar. Yuna membuat beragam kuis, mulai pelajaran seperti matematika dan geografi hingga pengetahuan umum seperti arti peribahasa.

"Awalnya aku buat filter kuis yang isinya tebak rumus matematika karena kebetulan sesual dengan jurusan kullahku. Ternyata, banyak banget yang pakai. Bahkan, sampai ada guru di salah satu sekolah yang kirim DM ke aku buat ngucapin makasih karena murid-muridnya banyak yang belajar lewat filter ini. Dan itu bikin aku tambah semangat lagi untuk bildn yang lain," tutur Yuna.

Yuna sendiri nggak sembarangan loh dalam membuat filter-nya. "Biasanya aku bakalan bagi jadi 3 tahap. Pembuatan konten, desain, dan pembuatan filter. Blasanya yang paling lama Itu di pembuatan konten karena aku harus riset dulu untuk benar-benar mastlin Jawabannya tuh benar. Baru setelah itu, aku desain dan bildn filter-nya deh,"

Tansa Qurrota A’yuna (@yunafix)

YUK, BUAT FILTER SENDIRI!

Zetizen-Pasti penasaran kan segampang apa bikin filter di Instagram? Daripada penasaran terus, Zetizen bakal menjelaskan nih aplikasi apa aja yang bisa kalian pakai. Cek di bawah ini ya! (fik/c12/rat)

 LIGHTROOM

Jadi, aplikasi yang satu ini berfungsi mengatur warna dari filter yang akan kamu buat. Mau dibikin jadi lebih oranye biar makin oke kalau senja. Atau bikin efek hitam putih. Semua bisa kamu atur di sini.

 

 PHOTOSHOP

Kalau yang satu ini ,fungsinya mendesain gambar yang nantinya dimasukkan ke filter buatanmu. Bikin semenarik mungkin biar pengguna filter-mu makin ramai.

 

 SPARK AR

Ini merupakan aplikasi untuk membuat augmented reality atau AR. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat filter-mu bisa tracking objek ke wajah atau gambar. Kamu bisa juga menambahkan background lewat aplikasi ini.

 

 

 

Nggak terbiasa dengan aplikasi-aplikasi tersebut? Kalian bisa kok menggunakan aplikasi lain yang punya fungsi sama. Biar lebih jelas, Zetizen kasih tutorial langsung nih dari @fahrezaos!

 

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article