Are You a Zetizen?
Show Menu

Bikin Gampang atau Malah Ribet

Ratih Mg Ratih Mg 28 Dec 2022
Bikin Gampang atau Malah Ribet

Zetizen-Sekarang lagi musim ujian akhir di sekolah atau kampus. Yah, mungkin vibes tegang buat ngadepinnya masih ada. Cuma, karena sistemnya ini serba-online, kita harus beradaptasi dulu. Sebagian lagi mengaku senang karena dimudahkan dengan sistem ujian online. Tapi, ada juga yang kecewa. Misalnya, Zetizen berikut ini nih yang berbagi pengalamannya saat menjalani ujian online. (c20/mel)

Ringkas, tapi Rentan Internet Down

 Sebelumnya udah pernah ujian online, tapi akses internetnya cuma terbatas di kawasan sekolah. Sekarang website-nya udah bisa diakses pakai internet dari rumah. Selama ujian online di rumah, kami juga tetap presensi pakai selfie yang kami setor lewat google form buat nunjukkin bahwa kami ngerjain di rumah sendiri. Awal ngerjainnya sih santai-santai aja. Cuma, hari pertama udah dibikin panik karena 10 menit saat tes mau selesai, wifi rumahku down. Jadinya agak bingung aja sih waktu itu. Terlepas dari semua hectic yang ada, ujian online lebih enak sih karena bikin lebih ringkas.

Delima Agmara Susilo, 17, SMKN 1 SINGOSARI

 

Peluang Nyontek Jadi Lebih Besar

 Aku kurang sreg sih sama sistem ujian online ini karena kami bisa curang dengan cari jawaban di google dan tanya teman via chat. Ya biarpun kami udah berusaha nahan buat nggak nyontek, godaan buat ngelakuin hal tersebut saat ujian online jadi lebih besar. Emang nggak ada perubahan bentuk soal karena semua ujiannya jadi pilllihan ganda. Tapi, menurut aku pribadi, lebih enak suasana ujian offline sih.

Fadhil Rahmatullah,16, Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah

 

Dikemas ala Ujian Praktik

 Sistem ujian online disekolahku bisa dibilang beda dengan sekolah lainnya karena hampir semua ujiannya dikemas seperti ujian praktik. Misalnya, mara pelajaran seni budata. Kami disuruh buat semacam poster. Terus ada yang disuruh bikin esai. Hasil kerjanya nantibdiunggah di link yang udah di-share khusus untuk mengumpulkan ujian akhir.Makin aneh-aneh  aja si tugasnya. Semua temanya juga berkaitan dengan pandemi Covid-19. Lebih milih ujian offline sih karena bisa bertemu teman-teman secara langsung, hehe.

KERJAIN SENDIRI DI RUMAH? SIAPA TAKUT!

 

Zetizen-Ujian dirumah bukan berarti kamu bisa supersantai sampai menyelepekan pelajara-pelajaran yang diujikan. Meskipun nggak bertemu langsung dengan guru atau teman-temanmu, kamu tetap perlu fokus dan mempersiapkan ujianmu sebaik-baiknya. Biar kamu semakin siap menghadapi ujian dari rumah, Zetizen punya tip yang bisa kamu ikuti, nih! (kch/c20/mel)

Internet Lancar Check!

Nggak mau kan kalau sudah kerja susah-susah, tapi telat sumbit sehingga malah dikurangi nilainya? Kamu perlu memastikan internetmu tetap lancar selama kamu mengerjakan ujian. Gunakan aplikasi-aplikasi untuk mengecek kecepatan internet beberapa saat sebelum ujian. Jadi, kalau internetmu terlihat tidak stabil, kamu masih sempat mencari koneksi alternatif.

Baca Ketentuan Soal secara Teliti

Selain soal ujian, kamu perlu mencermati ketentuan pengerjaan dengan lebih seksama. Berapa waktu yang diberikan, apa saja yang harus dikerjakan, dan ketentuan-ketetuan lain jadi hal yang krusial saat ujian online. Apalagi kalau guru atau dosen yang memberikan ujian berbeda-beda. Ketentuannya juga bisa beda di tiap ujian!

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article