Are You a Zetizen?
Show Menu

7 Fakta Bahaya Dibalik Smartphone Kesayanganmu

Amanda Bestari Amanda Bestari 06 Mar 2017
7  Fakta Bahaya Dibalik Smartphone Kesayanganmu

 

foto: bp.blogspot.com

Zetizen.com - Smartphone dan gadget yang makin canggih emang bisa bikin kamu makin update dan nggak kuper. Masalahnya, manfaat itu bakal jadi nggak terasa kalau kamu menggunakan gadget secara berlebihan. Apalagi kalau sampai kamu nggak pernah lepas sama sekali dari gadget dan smartphone-mu. Selain bikin hubungan sosialmu jadi terganggu, kebiasaan kayak gitu ternyata juga bisa berakibat buruk buat kesehatanmu. Penggunaan gadget yang berlebihan bisa bikin kamu mengalami hal-hal berikut.

 

 

foto: bp.blogspot.com

Insomnia Datang Tiap Malam

Apa sih yang kamu lakukan waktu nggak bisa tidur di malam hari? Menonton Youtube? Browsing internet? atau sekedar berbalas pesan di aplikasi chat? Well, percaya nggak sih kalau ternyata, kebiasaan bermain gadget di malam hari itulah yang bikin kamu makin nggak bisa tidur. Penelitian mengungkapkan gelombang yang dipancarkan smartphone bisa mengganggu gelombang otak yang diperlukan untuk memicu tidur. Hasilnya? makin kamu bermain gadget, makin nggak bisa tidurlah kamu.

 

foto: psikologid.com

Tubuh Mudah Lelah

Bermain gadget seharian membuat saraf kepala menjadi tegang, kekurangan melatonin, aliran darah tidak lancar, dan dapat membuat cairan tubuh berkurang. Hal ini diperparah kalau kamu pun malas mengonsumsi makanan sehat yang bisa membantumu mengatasi gangguna tersebut. Efeknya, tubuhmu bakal lebih cepat lelah dan sulit berkonsentrasi. 

 

foto: jalantikus.com

Mengantongi smartphone Berpotensi Kanker

Pernah dengar jangan mengantongi handphone disaku baju atau celana jeans? Ini dia alasannya. Kebiasaan mengantongi handphone disaku baju menyebabkan radiasi menembus kelenjar payudara dan memicu pertumbuhan sel kanker payudara. Meletakkan handphone disaku celana jeans yang ketat membuat radiasi terpancar disekita daerah tersebut dan menyebabkan kanker rahim pada wanita dan menurunnya sel sprma pada laki-laki. Bahkan, ada hasil studi yang menunjukkan kalau hal ini berpotensi membuat seseorang mandul.

 

foto: papasemar.com

Menimbulkan Gangguan Pendengaran dan Pengelihatan

Radiasi yang dipancarkan oleh smartphone bisa mengganggu pengelihatan dan pendengaran dalam jangka panjang. Pada pengelihatan misalnya, sinar biru yang dipancarkan oleh layar smartphone terbukti mempunyai efek buruk buat pengelihatan. Sementara pada pendengaran, suara bising maupun persebaran frekuensi yang nggak bagus dari speaker smartphone mu juga lama kelamaan bisa merusak kemampuan mendengar. 

 

foto: dailystar.co.uk

Stress, Gelisah dan Depresi saat Jauh dari Smartphone

Inilah permasalahan yang dialami oleh beberapa generasi Z saat ini, nggak bisa jauh dari smartphone kesayangan. Kecanduan main gadget membuat mereka merasa gelisah saat nggak pegang smartphone. Penelitian mengungkapkan kalau pemakaian gadget yang nggak terkontrol dapat menimbulkan gejala kecanduan. Kalau udah begitu, seseorang bisa mengalami stress berat saat harus berada jauh atau meninggalkan smartphone dan gadgetnya.

 

foto: cloudinary.com

Meningkatkan Potensi Serangan Jantung

Penelitian menunjukan, saat seseorang stress, kecenderungan tubuh untuk mengalami serangan jantung bisa meningkat sampai 40%. Masalahnya, kebanyakan pengguna gadget yang tidak terkontrol termasuk orang-orang yang paling rawan mengalami gangguan stress serta depresi. Secara nggak langsung, smartphone bisa bikin kamu jadi gampang terkena serangan jantung.

 

foto: anekatop10.com

Gangguan Otak dan Syaraf

Kebiasaan paling berbahaya adalah saat kamu selalu meletakkan smartphone-mu di bawah bantal saat kamu tidur. Hal ini bisa menyebabkan gangguan otak dan syaraf jika dilakukan dalam waktu lama. Parahnya, gangguan tersebut bisa berujung pada meningkatnya resiko tumor pada otak akibat rangsangan radiasi smartphone.

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article