Are You a Zetizen?
Show Menu

Kirobo Mini: Robot Bayi Teman Manusia

Zetizen Zetizen 05 Oct 2016
Kirobo Mini: Robot Bayi Teman Manusia

Zetizen.com - Di Indonesia, Toyota mungkin hanya dikenal sebagai produsen mobil. Tetapi, di negara asalnya, Jepang, produk Toyota bermacam-macam, lho. Baru-baru ini, Toyota meluncurkan Robot imut bernama Kirobo Mini. Robot ini diciptakan sebagai teman bagi orang-orang yang kesepian. Bahkan, kirobo mini juga bisa berkomunikasi layaknya manusia, lho! Lantas, seperti apa sih Robot unik ini? (fhr/msh)

 

Kirobo Mini, Robot teman manusia yang diluncurkan Toyota. Credit: toyota

 

Dirancang Seperti Bayi

Toyota melihat fenomena turunnya tingkat kelahiran di Jepang. Alhasil, banyak wanita kesepian karena nggak memiliki anak. Berangkat dari masalah ini, Toyota menciptakan boneka yang dapat berperilaku layaknya bayi.

“Dia sedikit bergetar saat duduk. Hal ini persis seperti bayi yang belum dapat menyeimbangkan tubuhnya,” kata Fuminori Kataoka, desainer kirobo mini seperti dilansir Reuters. “Kirobo Mini yang masih rentan dimaksudkan untuk membangun hubungan emosional dengan pemiliknya,” lanjutnya.

 

Menurunnya angka kelahiran bayi di Jepang mendorong Toyota menciptakan Kirobo Mini. Credit: kibo-robo.jp

 

Robot Teman Manusia

Kamu tinggal sendirian di rumah? Nggak punya kakak, adik, atau mungkin kesepian gara-gara jomblo? kirobo mini siap menemani hari-harimu! Robot kecil seukuran genggaman tangan ini memang bertujuan untuk menemani pemiliknya. Mirip hewan peliharaan gitu, deh.

Hebatnya, kirobo mini bukan sekadar pajangan atau mainan biasa, tetapi juga bisa berkomunikasi dengan kita. Berdasarkan iklan yang dirilis Toyota di Youtube, kirobo mini dapat membaca ekspresi dan mengetahui perasaan kita. Bahkan, kirobo mini bisa ngajak ngomong duluan!

 

 

Iklan tersebut berkata, “Ketika kalian hidup bersama, kamu akan berbaik hati dan menyayangi Kirobo Mini, sebagaimana yang dia lakukan kepadamu.”

 

Sahabat Pengendara Mobil

Mengingat Toyota yang fokus sebagai produsen mobil, pihaknya mengatakan kalau kirobo mini cocok diletakkan di dashboard mobil. Katanya, sebagai teman perjalanan supaya nggak ngantuk! Selain menemani, kirobo mini juga bisa memperingati cara menyetirmu. Misalkan, saat kamu mengerem tiba-tiba, kirobo mini bakal teriak “Itu menyeramkan!” So cute!

 

Si imut yang siap menemani hari-harimu! Credit: wallstreetjournal

 

Mulai Dijual di Jepang

Kirobo Mini bukan lagi produk prototype yang masih dalam tahap pengembangan. Artinya, Robot imut ini akan segera dipasarkan! Dari deskripsi iklannya di Youtube, kirobo mini bakal siap di dealer Toyota pada musim dingin tahun ini, sekitar November-Desember. Rencananya, Kirobo Mini akan tersebar di seluruh Jepang pada tahun depan. Wah, pembeli di luar Jepang harus menunggu lebih lama, nih.

 

Kirobo Mini akan segera dipasarkan di Jepang awal tahun depan. Credit: reuters

 

Toyota mematok harga USD 392 atau sekitar 5 juta Rupiah. Gimana, tertarik buat nabung?

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article