Are You a Zetizen?
Show Menu

Trik Menghemat Memori iPhone yang Cepat Penuh

Fahri Syadia Fahri Syadia 06 Feb 2017
Trik Menghemat Memori iPhone yang Cepat Penuh

Zetizen.com – Nggak punya slot memori eksternal, storage menjadi masalah yang selalu menghantui pengguna iPhone. Apalagi kalau memori internal iPhone-nya cuma 16 GB atau malah masih 8 GB, waduh! Baru dua kali selfie, eh muncul tulisan ‘‘Cannot Take Photo.’’ Tenang, inilah 6 cara menghemat memori iPhone yang cepat penuh. 

#1 Delete, Lalu Install Lagi

Cek aplikasi apa yang paling banyak menghabiskan memori. Caranya, buka Setting > General > Storage and iCloud Usage. Aplikasi paling atas adalah aplikasi yang paling boros. Ukuran aplikasi-aplikasi itu membengkak karena data yang terekam di dalamnya. Oleh karena itu, aplikasi seperti Instagram, Google Chrome, dan YouTube yang data search-nya nggak terlalu penting, kamu delete dulu. Lalu, install lagi. Dengan begitu, memori yang termakan aplikasi itu akan kembali normal. Tapi, kamu jadi boros kuota internet.

#2 Pindahkan Foto ke Google Drive atau iCloud

Iya, kamu emang doyan selfie. Untuk menyelamatkan memori, kamu perlu mengosongkan folder Photos and Camera. Caranya, pindahkan foto-fotomu ke iCloud sehingga memori dibebankan ke iCloud, bukan ke internal storage. Opsi lain, kamu bisa meng-upload foto ke Google Drive dengan akun Gmail. Setelah dipindah, kamu bisa menghapus isi folder Photos.

#3 Bersihkan Folder Recently Deleted!

Kamu haru tahu kalau iphone punya fitur keamanan otomatis buat jaga-jaga kalau kamu nggak sengaja menghapus salah satu foto. Yaitu, folder Recently Deleted. Jadi, sering-seringlah mengecek apakah folder itu sudah benar-benar kosong sehingga foto yang kamu hapus hilang selamanya dan nggak tersimpan lagi di Recently Deleted.

#4 Non-Aktifkan Load Remote Images

Kalau kamu sering menerima email promosi yang entah kapan kamu subscribe, kamu wajib banget me-nonaktifkan load remote images. Detailnya ada di Setting > Mail > Load Remote Images. Kalau Load Remote Images aktif, tiap foto yang dilampirkan dalam email bakal termuat secara otomatis yang berarti memakan memori dan mobile data tanpa kamu sadari.

#5 Bersihkan Cache dengan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi pembersih cache di App Store. Aplikasi itu bisa membantumu menghapus file-file yang nggak perlu. Coba install salah satu aplikasi pembersih cace. Berguna banget lho buat menghapus cache dan junk files tanpa ribet. Tenang, memori yang dimakan aplikasi ini terhitung kecil dibanding manfaatnya. Aplikasi yang recommended adalah Power Clean, Phone Cleaner, dan iMyFone di Mac.

Foto: Mac Sources

#6 Backup Chat History Line

Saking asyiknya chatting-an, kadang kita nggak sadar kalau chat di Line memakan memori paling banyak. Sebab, selain tulisan, kamu juga sering mengirim/menerima stiker dan foto. Belum lagi stiker dan tema yang kamu download. Cara mudah mengakali hal ini ya menghapus semua chat history.

Tapi, kalau masih nggak rela menghapus chat dari mantan, lakukan backup aja deh. Caranya, pilih opsi Backup Chat History pada tanda ‘V’ di kanan atas chat room. Setelah di-backup, kamu bisa me-reset Line sehingga menyelematkan banyak memori. Sedangkan chat history  bisa di-restore sewaktu-waktu.

Foto: iPhoneMod

Sumber: Forbes, Macworld | Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article