Are You a Zetizen?
Show Menu

Mengikuti Langkah Instagram, YouTube Rilis fitur Live Video Mobile

Fahri Syadia Fahri Syadia 09 Feb 2017
Mengikuti Langkah Instagram, YouTube Rilis fitur Live Video Mobile

Zetizen.com - Live streaming video kayaknya sedang jadi tren di Indonesia bahkan dunia. Setelah Bigo dan Instagram, kini giliran situs berbagi video raksasa youtube yang ikut mempopulerkan fitur tersebut. Wah, kayak apa sih fitur live streaming ala youtube itu?

 

Sudah Rilis Sejak 2011

Meski baru booming sekarang, fitur miliki youtube ini sebenarnya malah udah rilis jauh lebih dulu dibanding Bigo dan Instagram. Tepatnya pada tahun 2011. Namun hingga Selasa 7 Februari kemarin, fitur itu masih merepotkan karena cuma bisa diakses lewat PC. Namun, setelah melalui upgrade, fitur ini akhirnya juga dapat diakses melalui aplikasi mobile.

“Dengan peluncuran ini, kami menyalurkan kekuatan live streaming pada tangan-tangan berbakat, memberikan mereka cara yang lebih intim dan spontan untuk sharing pikiran, kehidupan, dan kreativitas.” tulis youtube pada blog resminya.

Meski dibuat agar lebih terjangkau 'tangan-tangan kreatif' dari berbagai kalangan, ternyata fitur baru youtube ini tetap punya batasan. Hanya mereka yang memiliki lebih dari 10 ribu subscriber lah yang bisa menikmatinya. Keputusan ini dibuat supaya nggak banyak akun-akun palsu yang men-spam dengan video nggak bermutu

 

 

Ciptakan live video Lebih Berkualitas

Nahloh, udah 'terlambat' rilis, eh malah kasih batasan banyak. Gimana sih YouTube? Well, keterlambatan rilis fitur live video youtube ini ternyata punya faktor kesengajaan yang cukup kelihatan. Engadget, situs yang membahas berbagai tren teknologi terkini menyebut bahwa telatnya youtube bergabung ke dalam dunia mobile live streaming ini emang disengaja agar bisa menciptakan ‘live stream yang lebih berkualitas’. Yap, keterlambatan itu digunakan youtube buat mempelajari kelemahan-kelemahan dari Bigo dan Instagram.

Sebab, kayak yang kita tahu, banyak yang menyalahgunakan live video di Bigo untuk hal-hal berbau pornoaksi. Sedangkan untuk Instagram, banyaknya akun yang live di saat bersamaan bikin 'macet' jaringan plus menimbulkan banyak keluhan. Makanya banyak yang merasa kebijakan “minimal 10.000 subscriber” ala youtube itu ada baiknya juga buat mem-filter siaran.

Nah, buat mengkompensasi keterlambatan rilis, fitur live video youtube punya berbagai gimmick dalam fiturnya yang ternyata jadi daya saing terhadap Instagram dan Bigo. Misalnya opsi buat streaming dengan sudut kamera portrait atau landscape, custom title, serta juga bisa menonaktifkan live chat.

 

Foto: 9to5google

 

Selain itu, fitur live video youtube punya satu fitur spesial yang bernama ‘Super Chat’. Fitur berbayar ini memungkinkan penonton buat ngobrol langsung sama sang YouTuber yang sedang live. Live chat mereka bakal dispesialkan dan bakal stay di pucuk kolom chat selama 5 jam.

 

Source: YouTube, Engadget

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article