Are You a Zetizen?
Show Menu

Goodyear Luncurkan Ban Masa Depan Eagle-360

Zetizen Zetizen 13 Mar 2016
Goodyear Luncurkan Ban Masa Depan Eagle-360

(techinsider)

 

Zetizen.com – Goodyear, produsen ban asal Amerika baru saja merilis sebuah konsep ban masa depan yang diberi Nama “Eagle-360”. Berbeda dengan bentuk ban yang ada selama ini, eagle-360 justru berbentuk seperti bola. Goodyear mengumumkan inovasinya tersebut pada acara Geneva Motor Show 2016 di Swiss pada Kamis (3/3) kemarin.

Bentuk ban yang nggak lazim ini rupanya justru merupakan keunggulan utama dari Eagle-360. Bentuknya yang berupa bola membuat ban ini dapat bergerak ke segala arah dengan leluasa. Sehingga kendaraan yang memakainya bisa bergerak maju, mundur, menyerong bahkan menyamping. Nggak hanya itu, demi menunjang factor keselamatan, eagle-360 juga dilengkapi berbagai sensor internal yang memonitor beberapa parameter seperti, kondisi suhu, tekanan, dan getaran.

Ban yang diharapkan bakal jadi standar pada kendaraan otomatis tanopa pengemudi ini juga dilengkapi berbagai teknologi keselamatan. Diantaranya traction control yang dapat menyesuaikan gerak ban dengan kondisi jalan. Selain itu, karet pada eagle-360 dapat berubah menjadi lembut saat melewati jalanan becek dan kembali keras saat jalanan telah kering.

 

(prnewswire)

Kerennya lagi, ban ini juga nggak tersambung dengan badan mobil secara mekanik. eagle-360 akan menopang bobot mobil dengan menggunakan sistem magnetic levitation (maglev) yang berarti, mobil akan mengambang diatas ban berkat adanya bantalan medan magnet. Konsep seperti itu membuat kenyamanan meningkat drastic karena getaran dan suara berisik pada ban tidak akan banyak masuk kedalam kabin.

“Konsep ban masa depan dari kami ini diharapkan mampu memainkan peran ganda. Yaitu sebagai platform kreatif dan untuk penunjang teknologi di generasi berikutnya,” ujar Joseph Zekoski, Senior Vice President Goodyear, dilansir dari Dezeen. (Dezeen/extremetech/dhs/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article