Are You a Zetizen?
Show Menu

ESO Menemukan Planet Kembaran Bumi di Proxima Centauri

Zetizen Zetizen 16 Aug 2016
ESO Menemukan Planet Kembaran Bumi di Proxima Centauri

Zetizen.com – ESO (Europe Southern Observatory) baru saja menemukan planet mirip bumi. Sebelumnya, US Space Agency juga menemukan planet mirip bumi, yaitu Kepler 452b. Tapi, planet temuan ESO berjarak lebih dekat, yaitu 4,24 tahun cahaya aja. Sedangkan Kepler berjarah 1.400 tahun cahaya. Temuan ini akan dirilis secara resmi pada akhir Agustus.

Planet temuan ESO ini belum diberi nama. Jaraknya lebih dekat dengan bumi dibandingkan Kepler. (foto: myth-weavers)

‘‘Planet yang masih belum memiliki nama ini mirip dengan bumi dan mengitari Proxima Centauri pada jarak tetap. Sehingga, planet ini memiliki sumber air. Belum ada ilmuwan yang menemukan planet Kembaran Bumi yang jaraknya begitu dekat.’’ – Sumber Anonim kepada media Jerman, der Spiegel

Menurut der Spiegel, planet ini ditemukan ESO dengan menggunakan teleskop di La Silla Observatory, Chili.

Temuan ini membawa angin segar bagi sebuah penelitian kehidupan di luar bumi yang dilakukan seorang milyuner Rusia, Yuri Milner. Kabarnya, penelitian bernama Project Starshot itu akan mengirim pesawat tanpa awak dalam waktu dekat. Pesawat itu akan tiba di planet tujuan 20 tahun mendatang.

Hal ini tentu merupakan terobosan baru dalam penelitian planet dengan intelegence life selain bumi. Sebab, meskipun banyak ditemukan planet mirip bumi (misi kepler telah mencatat ada 20 planet yang kemungkinan bisa ditinggali manusia), jaraknya terlalu jauh untuk dijelajahi. (universetoday/aw/rat)