Are You a Zetizen?
Show Menu

John Hanke: Sosok Dibalik Game Viral Pokemon Go

Zetizen Zetizen 19 Jul 2016
John Hanke: Sosok Dibalik Game Viral Pokemon Go

Zetizen.com – Dunia lagi dilanda pokemon craze. Sejak dirilis pada 6 Juli lalu, game Pokemon GO sudah dimainkan lebih dari tiga juta orang. Yep, john hanke adalah sosok dibalik kesuksesan game yang lagi viral tersebut. Bersama Niantic, perusahaan yang didirikannya, john hanke punya perjalanan cukup panjang hingga akhirnya menciptakan Pokemon Go. Yuk simak kisahnya! (businessinsider/mashable/dhs/aw/sam)

 

Bekerja untuk Google

Awalnya john hanke merupakan salah satu pendiri perusahaan visualisasi data geospasial Keyhole Inc pada 2001. Perusahaan itu kemudian diakuisisi Google pada 2004 demi mengembangkan fitur Google Earth. Hanke menjadi wakil presiden manajemen produk untuk divisi "Geo" yang semuanya terhubung dengan satelit Global Positioning System (GPS). Pengalamannya di Google membuatnya memiliki bekal ilmu teknologi pemetaan digital dan navigasi.

John Hanke saat jadi bagian dari Google. Credit: nextshark

 

Memutuskan mandiri bersama Niantic

Niantic awalnya merupakan sebuah startup di dalam perusahaan Google asal San Francisco, California, AS, yang berdiri pada 2010 dengan nama niantic Labs. john hanke sebagai CEO niantic memutuskan untuk berpisah dengan Google. Dia lalu mengubah struktur organisasinya dan membangun perusahaan induk bernama Alphabet.

 

Developer game dengan Teknologi AR

Sebelum Pokemon GO muncul, niantic dikenal sebagai produsen game Ingress. game ini berbasis perangkat mobile yang menantang para gamer untuk mengeksplorasi dunia dan menguasai tempat-tempat tertentu sebagai kawasan miliknya. Ingress yang dirilis pada 2013 untuk Android dan 2014 untuk iOS ini memanfaatkan teknologi augmented reality. game itu juga berbasis pemetaan lokasi dengan GPS yang mengajak pengguna mencari kekuatan virtual di tempat-tempat umum seperti museum, monumen, dan ruang terbuka publik. It sounds a lot like Pokemon Go, right?

 

Pengembangan dari game Ingress

So, kalau kita tahu sejarah game Ingress, bisa dibilang Pokemon GO adalah pengembangan dari game itu. niantic mengaku mereka mengambil banyak data dari Ingress untuk pengembangan Pokemon Go. "Banyak di antara kami yang dulu bekerja untuk Google Maps dan Google Earth selama bertahun-tahun. Jadi kami ingin pemetaan Pokemon GO yang sangat baik," ujar Hanke, dilansir dari Mashable.

Niantic chief marketing officer Mike Quigley dan John Hanke. Credit: venturebeat

 

Pendekatan dengan Pokemon Company dan Nintendo

Terwujudnya Pokemon GO merupakan hasil usaha niantic mendekati nintendo dan Pokemon Company. niantic yang sebelumnya memang memiliki hubungan baik dengan Pokemon Company pun memudahkan ide game ini terwujud. Selanjutnya, niantic melakukan pendekatan dengan CEO Nintendo, Satoru Iwata yang ternyata  langsung menyetujui proyek Pokemon Go.

 

Terwujudlah Pokemon Go

Pada 2015 niantic pun mengumumkan sedang dalam proses pengembangan game Pokemon GO dengan nintendo dan Pokemon Company untuk perangkat Android dan iOS. Dua perusahaan itu memberi pasokan dana sebebsar 30 juta USD ke niantic pada Oktober 2015. "Game ini tujuannya untuk memfasilitasi hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan nyata," ujar John Hanke, dilansir dari Business Insider.

Dia berharap para gamer bermain secara aktif dan tidak bermalas-malasan lagi. Maka dari itu john hanke mengembangkan Pokemon GO yang mendorong gamer keluar rumah untuk memburu monster-monster Pokemon.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article