Are You a Zetizen?
Show Menu

DRU, Robot Pengantar Pizza Otomatis

Zetizen Zetizen 21 Mar 2016
DRU, Robot Pengantar Pizza Otomatis

 

Zetizen.com – Domino’s Pizza, vendor pizza pesan antar asal Amerika Serikat baru saja meluncurkan prototipe Robot pengirim pizza otomatis pada hari Kamis (17/3) lalu. Diluncurkan di kota Brisbane, Australia, Robot pengirim pizza otomatis pertama di dunia ini diberi nama DRU alias Domino’s Robotic Unit. Kehadirannya, diprediksi bakal mempermudah proses pengiriman pizza karena dapat dilakukan secara otomatis dan lebih cepat.

Dalam pengerjaannya Domino’s pizza bekerja sama dengan Marathon Robotics, perusahaan startup asal Australia. Robot ini dirancang dengan dua kompartemen terpisah untuk masing masing pesanan makanan hangat dan minuman dingin langsung ke alamat customer. Jadi, nggak hanya mampu berjalan secara otomatis, Robot ini juga dapat melacak alamat dan menyerahkan kiriman pizza yang dibawanya. Uniknya lagi, DRU juga didesain untuk mampu berbincang dan menerima pembayaran langsung dari customer.

Untuk beroperasi, Robot ini mengandalkan sistem penggerak elektrik yang mampu membawanya menelusuri trotoar dan halaman rumah customer dengan kecepatan hingga 18 km/jam. Sementara untuk menentukan lokasi dan alamat, Robot ini dipandu oleh sistem GPS dan laser pemindai lingkungan sekitar. Nggak Cuma itu, DRU juga dilengkapi sistem kamera keamanan yang akan langsung memberi peringatan saat keberadaan Robot ini terancam oleh pencuri atau semacamnya.

Meski belom operasional, Robot berharga 22.000 dollar atau sekitar 220 juta rupiah ini telah berhasil menjalani beberapa tes lapangan di kota Brisbane, sebagaimana dilansir dari situs lifehacker. Dengan demikian, bukan nggak mungkin kalau dalam beberapa tahun kedepan, DRU bakal mulai menggantikan tugas deliverymen Domino’s pizza untuk mengantarkan pesanan.

“Robot ini benar benar otomatis dan mandiri. Namun segi AI (Artificial intelegence) nya sendiri masih perlu banyak peningkatan,” Ujar Don Meij, Pimpinan Domino’s Australia. “Terutama untuk membuat komputer sistemnya lebih tahan gangguan yang pastinya akan muncul di luar sana,” Imbuh Meij lagi. Well, gimana ya rasanya menerima pizza pesananmu yang diantar langsung oleh sebuah Robot yang bisa mengajakmu berbincang dan meminta pembayaran? (lifehacker/digitaltrends/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article