Are You a Zetizen?
Show Menu

Asisten Personal Dunia Virtual

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 23 Dec 2022
Asisten Personal Dunia Virtual

Personal Virtual Assistant, Profesi Baru Penuh Peminat

Zetizen-Perilaku manusia memang sedikit banyak bergeser karena hadirnya era internet. Bahkan, lapangan pekerjaan juga punya alternatif baru karena pengaruh internet loh. Salah satunya, virtual assistant. Selain dapat dijumpai sebagai fitur dalam smartphone kita seperti Siri atau Google Assistant, ternyata virtual assistant jadi sebuah pekerjaan dengan menawarkan jasa asisten pribadi dari jarak jauh.

For your information, tugas virtual assistant ini cukup beragam. Yap, seperti asisten asli pada umumnya, virtual assistant akan membantumu sebagai pengingat atau pengontrol pribadimu. Dilansir dari The Balance SMB, virtual assistant adalah orang yang menawarkan jasa untuk mendukung kegiatan yang umumnya dalam bidang bisnis. Tapi, tugas virtual assistant saat ini pun telah berkembang dengan terus mengikuti zaman. Selain sebagai pengingat atau membantu pembukuan, saat ini virtual assistant bisa bertugas sebagai social media advisor loh. Artinya, seluruh yang dikerjakan pegawai pada umumnya selalu bisa dikerjakan virtual assistant asalkan dari jarak jauh.

Kamu butuh virtual assistant karena mereka akan mengurangi beban kerja sehingga produktivitas kita bakal lebih meningkat. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk membayar jasa virtual assistant lebih hemat kalau dibandingkan dengan real assistant. Pakai jasanya juga bisa seperlunya aja kok. Umumnya, kita bebas menentukan berapa jam mempekerjakan virtual assistant tersebut. Fleksibilitas seperti ini membuat beberapa perusahaan kecil lebih memilih hiring virtual assistant daripada pegawai tetap.

Mencari jasa virtual assistant juga gampang banget. Sebab, selain dari beberapa platform, para virtual assistant menawarkan jasa mereka melalui website pribadi seperti milik Anna Burtoni asal Inggris. ’’Anna membantu saya membereskan pekerjaan kecil sehingga saya bebas menyelesaikan pekerjaan besar lainnya. Dengan bantuan Anna, saya jadi lebih produktif.’’ Demikian testimoni Joanne Scoot dalam website milik Anna Burtoni.

Buat yang tertarik mencoba jasa virtual assistant, beberapa hal harus diperhatikan loh. Karena tujuan dari jasa ini adalah membantu pekerjaan kita, coba buat dulu pekerjaan mana yang benar-benar butuh bantuan dan mana yang bisa kita lakukan sendiri. Jangan sampai waktu yang telah kamu beli tersebut justru terbuang sia-sia. Setelah job desk yang dibutuhkan udah ditentukan, memilih siapa yang cocok untuk menjadi virtual assistant-mu juga nggak boleh kelewatan. Seperti yang dikatakan dalam The Balance SMB, beberapa virtual assistant bahkan akan memberikan masukan tentang layanan yang sebenarnya sedang kamu butuhkan.

Thanks to internet, sekarang siapa aja bisa kok jadi seorang virtual assistant. Cuma, kamu harus tentukan dulu jenis pekerjaan spesifik yang mampu kamu kerjakan, ya. Misalnya, bidang desain, keuangan, atau mungkin media sosial. Karena jenis pekerjaan ini masuk kategori freelance, kamu juga harus pintar-pintar menentukan harga sesuai dengan kapasitas diri. Kalau udah siap, kamu bisa langsung gabung ke platform seperti Freelancer, Upwork, atau Workana. Sebab, di sana akan banyak orang yang mencari jasa virtual assistant. Good luck! (lia/c20/raf)

Zetizen-Virtual assistant memang sangat membantu pekerjaan sehari-hari. Berbeda dengan aplikasi bawaan, beberapa aplikasi virtual assistant ini punya berbagai fitur. Unik, menarik, dan helpful. Apa aja? (c20/raf)

Pengin chat, tapi nggak mau ngetik panjang lebar? Kamu bisa gunakan Google Allo. Nggak cuma chat via suara, Google Allo juga bisa mentransformasikan emosi yang kamu rasakan ke dalam chat. Jadi, kalau kamu chat sambil marah-marah, Google Allo bisa menciptakan visual seolah kamu benar-benar marah dalam ukuran tulisan.

Kamu suka nyari berita kekinian, tapi capek buka Google Trends? Aplikasi Lyra virtual assistant ini bakal jadi ’’teman’’. Lyra bisa membantumu memberikan informasi berita, mengontrol musik, bercerita, sampai nge-jokes. Psst, dari obrolanmu ini, Lyra bisa membantumu menemukan video YouTube sesuai keseharianmu.

Terlalu banyak aplikasi dan bingung harus mulai dari mana? Worry no more, Friday bisa membantu kamu menyelami satu per satu aplikasi yang kamu punya. Misalnya nih, kamu mau upload foto di Facebook, Instagram, dan Twitter di waktu yang sama. Caranya, kamu nggak perlu pindah ke beberapa aplikasi. Cukup perintahkan Friday untuk mengunggah dengan caption tertentu.

AIVC atau yang juga disebut Alice ini dikenal sebagai aplikasi virtual assistant dengan fitur paling lengkap. Alice bakal membantu mencari hal remeh-temeh seperti kalender, kalkulator, sampai gambar di galeri. Bahkan, Alice juga bisa membantu mencari informasi di internet. Sayangnya, Alice nggak bisa membantumu mencari pacar. Hiks.

RELATED ARTICLES

Please read the following article