Are You a Zetizen?
Show Menu

Virgin Galactic Luncurkan Space Ship Two Baru

Zetizen Zetizen 24 Feb 2016
Virgin Galactic Luncurkan Space Ship Two Baru

Zetizen.com - Setelah mengalami kegagalan saat percobaan penerbangan VSS Enterprise tahun 2014 lalu, Virgin Galactic mengumumkan model terbaru pesawat luar angkasa SpaceShip Two miliknya pada Jumat (19/2/2016) di Mojave, California. Pesawat baru bernama VSS Unity ini merupakan hasil kerja keras 700 insinyur selama satu tahun.

Peluncuran VSS Unity kali ini dipamerkan secara seremonial di Majove Spaceport di California. Dari bentuknya, pesawat ini terlihat mirip dengan sebelumnya. Namun, ada beberapa perubahan signifikan yang dilakukan pada pesawat tersebut. Namun, perubahan paling ditonjolkan merupakan sistem pengaman feathering yang akan mencegah sayap untuk berpindah posisi pada kondisi yang tidak tepat. Hal ini merupakan bentuk pencegahan dari kesalahan yang dilakukan pilot VSS Entreprise dan menyebabkan jatuhnya pesawat tersebut.

”Kami memiliki beberapa kejutan yang akan kami umumkan nanti,” ujar Branson dilansir dari Good Morning ketika ditanya soal perbaikan apa yang dilakukan pada pesawat keduanya ini. Sampai saat ini, Virgin Galactic belum melakukan uji coba penerbangan pada pesawat barunya tersebut. Wakil Presiden Virgin Galactic, Woill Pomerantz hanya menyatakan, Pesawat Luar Angkasa ini dijadwalkan uji coba pada tahun ini.

Proses pengujian VSS Unity sendiri dijadwalkan akan dilakukan bertahap. Dimulai dengan proses gliding terkendali yang ketinggiannya terus ditingkatkan hingga akhirnya uji roket. Diharapkan, kehadiran VSS Unity dapat benar benar mewujudkan industry space tourism yang telah banyak diharapkan. (bs/dhs/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article