Are You a Zetizen?
Show Menu

Save My Memory!

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 26 Dec 2022
Save My Memory!

Memori Handphone Penuh, Gimana Cara Bersihinnya?

’’ADUH, memoriku penuh nih. Bentar ya hapus-hapus foto dulu.” Kalimat ini biasanya sering terdengar atau tertulis ketika kamu lagi mau memberikan saran aplikasi atau permainan yang seru di handphone kepada sesama teman. Alasannya macam[1]macam. Bisa jadi handphone-nya punya kapasitas memori kecil dan tidak ada slot kartu memori sehingga mereka harus rajin hapus data tiap malam, minggu, atau bulan.

Saat situasi pandemi seperti sekarang ini, kita bakal lebih sering berbagi file media seperti foto dan video ke teman ataupun keluarga di luar kota. Belum lagi ada video-video yang diterima dari segelintir grup WhatsApp. Di ponsel Android, file media seperti ini nggak bisa diubah supaya bisa langsung masuk ke kartu memori. Misalnya, ada sebuah handphone yang memiliki microSD 128GB dan kapasitas memori internalnya hanya 16GB. Hal ini memungkinkan pemilik handphone harus sering rajin memindahkan file tersebut secara manual lewat file manager atau aplikasi galeri.

Selain file media, cache atau sesampahan aplikasi lainnya juga bisa memenuhi memori handphone. Contohnya, saat kita menggunakan aplikasi Spotify. Semakin sering kita mendengarkan musik lewat aplikasi ini, tentu cache aplikasi ini bisa meningkat tajam. Misalnya, dalam kurun waktu satu bulan, file cache Spotify di iPhone kamu ternyata sudah mencapai 800MB. Untuk menyiasati ini, kamu bisa cek ukuran cache masing-masing langsung dari menu pengaturan aplikasi. Dari situ, kamu bisa langsung cache tanpa perlu khawatir playlist yang udah kamu buat dan unduh bakal hilang. So, easy right?

Hal tersebut juga berlaku untuk aplikasi lain yang sekiranya menampilkan konten media seperti aplikasi YouTube, Twitter, dan Instagram. Di Android, kamu dapat dengan mudah membersihkan cache aplikasi dengan menahan ikon aplikasi pada menu, lalu pilih app info. Pada bagian storage, pilih clear cache untuk menghapus data sesampahan dan nggak perlu takut harus melakukan login ulang. Sayangnya, metode ini tidak tersedia di iPhone. Sebab, pengguna handphone satu ini hanya bisa memilih untuk menghapus aplikasi dan mengunduh ulang lewat App Store. Supaya tahu aplikasi apa aja yang paling memakan memori, pengguna iPhone bisa cek lewat menu iPhone storage di settings. Dari daftar yang ditampilkan, kamu bisa memutuskan aplikasi apa aja yang paling memakan memori dan menghapusnya bila memang tidak diperlukan.

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan penyimpanan cloud seperti OneDrive, Google Drive, maupun iCloud supaya space memori internal agak lega. Langkah lain supaya memorimu bisa lebih longgar adalah memanfaatkan penyimpanan unlimited dari Google Drive. Kalau kamu termasuk orang yang udah langganan layanan Microsoft Office 365, manfaatkan untuk memindahkan file media ke OneDrive berkapasitas 1TB. Udah nggak bingung lagi kan gimana cara mengatasi memori yang penuh? Well, selamat mencoba! (pra/c20/mel)

Zetizen-File media seperti foto dan video adalah salah satu penyebab utama memori di handphone cepat penuh. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang suka ambil foto objek atau selfie sampai beberapa kali. Biasanya sering merasa sayang dan malas untuk menghapus fotonya. Tapi tenang, kamu tetap bisa kok menyimpan fotomu yang bejibun lewat aplikasi berikut ini! (pra/c20/mel)

Pertama, ada Google Photos yang bisa secara otomatis mengunggah semua file foto dan video ke cloud secara gratis dan unlimited dengan catatan memilih opsi high quality. Nanti foto sedikit terkompres, tapi masih cukup banget untuk dibagikan di media sosial dengan resolusi maksimum 16MP. Ada opsi back up manual atau otomatis yang bisa diatur supaya hanya melakukan proses unggah ketika tersambung ke jaringan wifi. Terdapat opsi free up space juga. Aplikasi bakal menghapus media di handphone yang sudah diunggah ke cloud. So, nggak perlu khawatir buat keamanannya!

Ketika sudah ter-backup, foto bisa kamu akses dari semua perangkat maupun lewat website di photos.google. com. Aplikasinya juga berjalan baik di iPhone dan bisa gunakan untuk edit foto karena filter yang tersedia nggak kalah keren dari aplikasi VSCO. Dengan bantuan artificiai intelligence (AI), Google Photo akan mengelompokkan foto sesuai dengan wajah. Kamu juga bisa cari foto spesifik dengan detail-detail seperti mobil merah, kucing, atau lokasi Rungkut. Jadi, nggak perlu capek-capek scroll lagi.

Kalau masalah file, kalian bisa gunakan aplikasi Files by Google yang membantu banget buat membersihkan sesampahan aplikasi. Nggak hanya berfungsi sebagai file manager, Files akan memberikan rekomendasi apa aja yang bisa dibersihkan. Mulai aplikasi yang jarang dipakai, file unduhan, file duplikat, sampai meme yang tersimpan di ponsel (iya, bisa untuk menghapus meme juga, cobain aja).

Fitur yang juga cukup sering saya gunakan adalah file sharing. Cara kerjanya mirip dengan aplikasi ShareIT, yaitu transfer file lewat jaringan hotspot, jadi jauh lebih cepat ketimbang Bluetooth dan tidak memakan kuota internet. Karena aplikasi ini rilisan Google, tentu bebas dari iklan serta notifikasi mengganggu. Aplikasi ini bisa jadi solusi buat kamu yang memerlukan banyak fitur tanpa perlu menginstal lebih dari satu aplikasi. Oh iya, aplikasi yang satu ini hanya tersedia di perangkat Android ya!

RELATED ARTICLES

Please read the following article