Are You a Zetizen?
Show Menu

Belajar Merakit Gundam Plastik dari Peserta GBWC

Amanda Bestari Amanda Bestari 25 Aug 2017
Belajar Merakit Gundam Plastik dari Peserta GBWC

Zetizen.com - Tahu nggak kalau di bulan Agustus ini sedang berlangsung gunpla Builders world cup (GBWC)? Nah buat kamu yang tertarik sama gundam plastic (gunpla), kamu bisa memulainya dengan awal yang simpel. Seperti oksun Lodewik contohnya. Berawal dari sekedar kenal dan ingin coba-coba, sekarang ia berhasil jadi perakit gunpla, punya banyak koleksi yang dipamerkan, dan berkompetisi di GBWC!

 

Oksun Lodewik

Cinta gundam dari Kecil

Oksun udah mulai kenal gunpla sejak ia masih kecil. Pada waktu itu ia mencoba merakit gunpla dan ternyata menyenangkan. Setelah ia merasakan keseruan bermain gunpla, mulailah oksun mengoleksi gunpla, dan tentu saja menonton anime-anime Gundam.

"Yang bikin aku suka, merakit gunpla bikin aku jadi bisa berkreasi," ujar Oksun. Menurutnya, walaupun model dasar gunpla sama, hasil akhirnya bisa berbeda karena bisa dimodifikasi sendiri. "Makanya saya merasa makin kreatif saat merakit gunpla", akunya.

 

 

Knight . . #knight #monoeye #grimgerde #fuunsaiki #gunpla #gundam #gunplagram #gunplabuilderz #gunplaindo #toysnaps #toysphotogram #toptoyphotos #btstp_id #toygraphyid #toyphotography #toyslagram #toygroup_alliance #toyboners #toycrewbuddies #ata_dreadnoughts #tcb_chasechase

A post shared by oksun lodewik (@oksun28) on

 

Oksun pun mengakui, merakit gunpla emang butuh kesabaran ekstra. Nggak hanya keterampilan tapi juga ketelitian. Selain itu, jam terbang juga penting bagi builder gunpla. Kita harus sering merakit gundam plastik sehingga terbiasa dengan pattern-patternnya, sehingga bisa mulai melakukan modifikasi.

Seperti yang nampak pada foto, wujud gunpla itu amat rumit karena gabungan dari beberapa gundam sekaligus. Pantes kalau nggak biasa, orang pasti bingung jika dihadapkan dengan gunpla. 

 

Cari Ide Lewat Komuntias

Di zaman modern saat ini, kreativitas makin berkembang. Kita pun bisa belajar merakit gunpla dengan mudah. Seperti melihat tutorial di Youtube, mempelajari banyak pattern di website, dan masih banyak lagi. Tapi jangan lupa, ada juga komunitas gunpla yang biasanya sering sharing trik dan tips! 

Komunitas gunpla sangat membantu saat kita lagi buntu. Seperti pengalamam oksun saat ia mulai menemukan kendala.

"Kalau lagi keterbatasan material yang tersedia di pasaran, otomatis konsep awal akan terganggu. Untuk itu biasanya saya mencari referensi ke builder lain soal penyesuaian konsep yang akan dibuat," ujar builder asal Surabaya tersebut.

 

Salah satu gunpla karya Oksun

Well, belajar merakit gunpla memang banyak manfaatnya. Selain meningkatkan kreativitas, melatih kesabaran, kita juga dapat pengalaman dan bisa menambah teman dari komunitas. Apalagi fasilitas-fasilitas buat belajar gunpla makin banyak tersedia. oksun pun berharap hal itu menular ke keterampilan para pemainnya, sehingga melahirkan para builder gunpla pro di Indonesia.

"Harapan saya untuk gunpla di Indonesia adalah supaya diadakan lebih banyak lagi kompetisi-kompetisi lokal untuk mengasah ketrampilan kita sehingga bisa lebih berkembang," ungkap Oksun.

Dia pun berharap agar gunpla Indonesia bisa makin sukses lagi, melanjutkan kiprah positif usai beberapa kali juara di gunpla Builders world cup jepang tahun 2012, 2013, dan 2015.

 

Editor: Fahri Syadia

RELATED ARTICLES

Please read the following article