Are You a Zetizen?
Show Menu

Kalau 4 Kebiasaan Idul Adha Ini Nggak Lagi Menarik, Tandanya Kamu Udah Tua!

Bogiva Mirdyanto Bogiva Mirdyanto 01 Sep 2017
Kalau 4 Kebiasaan Idul Adha Ini Nggak Lagi Menarik, Tandanya Kamu Udah Tua!

Zetizen.com - Tiap tahun, umat muslim di seluruh dunia ngerayain Hari Raya Idul Fitri. Di hari itu, masjid-masjid bakal dipenuhi hewan kurban yang nggak biasanya kamu temuin. Selain itu, acara kumpul-kumpul dan makan besar keluarga juga bikin kamu super excited.

Tapi, seiring bertambahnya umur dan kegiatan, rasa excited-nya kok makin berkurang ya? Sampai akhirnya, kamu udah nggak lagi tertarik sama hal-hal yang biasanya kamu lakuin menjelang Hari Raya idul adha ini nih. 

 

Takbir keliling (foto: Jawa Pos)

Ikut Takbir Keliling

Nggak cuma waktu lebaran Idul Fitri, malam sebelum Hari Raya idul adha pun juga sering diramaikan sama ritual satu ini. Entah cuma muter-muter komplek atau malah akhirnya nggak jadi takbiran sama sekali, ngumpul bareng sama teman dan tetangga buat sekedar ikut takbir keliling pernah jadi agenda yang wajib banget kamu ikutin. Apalagi kalau ada acara bakar-bakar obor atau kembang apinya.

Tapi sekarang, boro-boro mau ikut takbir keliling. Harus keluar rumah aja rasanya males banget. Huft!

 

"Mau kurban juga dong" (foto: Jawa Pos Grup/Rakyat Kalbar)

Main-Main sama Hewan Kurban

Buat kamu yang dari kecil tinggal di kota, sapi dan kambing jelas bukan hewan yang bisa kamu temuin setiap hari. Kamu pun jadi super excited waktu ngelihat hewan-hewan ini tiba-tiba ngumpul di masjid dekat rumah.

Mulai ngelihatin dari jauh sampai mendekat buat kasih makan daun atau rumput, kayaknya nggak sah aja kalau kamu nggak mencoba berinteraksi sama hewan ini.

Tapi makin kesini, kamu jadi mulai mikir. "Ngapain deh main-main sama kambing dan sapi? udah bau, jorok, kotor lagi. Ew! males ah," 

Dan berakhirlah sudah keseruan masa kecilmu...

 

Nggak Sabar Nonton Proses Kurban

"Kurban itu ngapain sih, Pa/Ma?" 

Yakin deh, nggak mungkin kamu nggak pernah melontarkan pertanyaan itu. Dulu, kamu pasti pernah banget penasaran sama proses kurban yang ada di masjid-masjid itu. Namun pas ngelihat langsung, kamu justru berjanji nggak bakal mau lagi kepo sama urusan kurban-berkurban ini.

Huft, ya gitu deh... Kadang, ketidaktahuan itu adalah anugrah...

 

Sate Kambing (foto: foody)

Bebas Makan Daging-Dagingan 

Menjelang sore, aroma dapur rumahmu tiba-tiba semerbak wangi macam-macam masakan daging. Ada yang biasa bikin rendang, gulai, tongseng atau sate. Keluarga besar pun biasanya ngumpul dan bikin suasana jadi ramai. 

begitu menu disajikan, wuihh! langsung deh tuh semua macem masakan daging dicobain, sampai kamu akhirnya kekenyangan dan tidur dengan muka bahagia.

Tapi, nggak begitu keadaannya sekarang. Emang sih hype dan wangi menu masakannya masih sama kayak dulu. Tapi, sekarang kamu nggak bisa lagi menikmati makanan itu tanpa batas kayak dulu. Ada aja pikiran yang mengganggu. "Ntar kalo jadi gendut gimana?", "Duuh baru aja kemarin turun dua kilo... Masa harus naik lagi,", "Kalau makan ini nanti jerawatan nggak ya?" and so on.. and so on...

 

Well, ya gitu deh, Guys. Kadang, bertambahnya umur emang suka bikin hal yang sama jadi kerasa berbeda. Kalau kamu, apa sih yang kamu kangenin dari Hari Raya idul adha masa kecilmu? Share di komen ya!

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article