Are You a Zetizen?
Show Menu

Sebagai Remaja Indonesia, Ini yang Bisa Kita Lakukan untuk Rohingya

Rafika Yahya Rafika Yahya 08 Sep 2017
Sebagai Remaja Indonesia, Ini yang Bisa Kita Lakukan untuk Rohingya

Zetizen.com - Krisis Rohingnya, pertumpahan darah dan pengusiran yang terjadi di myanmar itu terus berlanjut. Di tengah kekacauan yang terjadi, Indonesia juga ikut-ikutan bergejolak. Dalam waktu dekat ini, mulai banyak ormas-ormas yang akan menggelar aksi solidaritas buat muslim myanmar tersebut. 

Well, sebagai remaja Indonesia, ada kok hal lain yang bisa kita lakukan buat membantu kaum Rohingnya selain dengan demo. Apa aja sih?

 

Salah satu twit yang menyertakan foto-foto etnis Rohingya. Setelah ditelusuri, ternyata bukan warga rohingya yang ada di foto itu. 

Foto: BBC

Berhenti Menyebarkan Berita Hoax

Ngaku, deh! Pasti kamu sering melihat foto mayat-mayat yang diklaim adalah etnis rohingya yang menjadi korban kekerasan. Atau foto seorang anak kecil berwajah "kebarat-baratan" yang sedang menangis dan memohon pertolongan.

Jangan langsung percaya dan menyebarkan foto-foto itu ke teman-temanmu, ya. Harus ada sumber foto yang jelas. Bisa jadi, foto itu sebenarnya bukan lah foto krisis Rohingnya, namun disebarkan sebagai krisis Rohingnya. 

Meski tujuannya untuk menggalang doa dan menimbulkan empati, tapi caranya tentu bukan dengan nyebarin hoax. Pengen menginformasikan kabar terkini tentang Rohingya? Pastikan kamu mendapat berita dari sumber yang jelas dan terpercaya dulu ya!

 

 

Melihat tangisan etnis Rohingya, sebenarnya kita nggak harus melakukan demo. Kita bisa membantunya dengan langsung mengirim bantuan lewat lembaga terpercaya seperti AKIM (Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar)

Foto: CNN

Mengirim Bantuan

Persoalan di Rakhine, provinsi tempat tinggal etnis rohingya ini nggak butuh kecaman-kecaman dan juga protes pada pemerintah setempat, apalagi demonstrasi yang anarkis. Kamu cukup memberikan aksi nyata. Salah satunya dengan mengirim bantuan.

Tapi, kamu harus betul-betul memilih lembaga yang kredibel biar bantuanmu nggak salah alamat. Kamu bisa memilih organisasi non-pemerintah atau LSM yang memang bekerjasama dengan pemerintah Myanmar. Contohnya seperti AKIM (Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar) yang langsung diresmikan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

 

 

Melihat tangisan etnis Rohingya, sebenarnya kita nggak perlu melakukan demo anarkis. Kita bisa membantunya dengan langsung mengirim bantuan lewat lembaga terpercaya seperti AKIM (Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar)

Foto: Independent

Ikut Jadi volunteer Organisasi

Eits, jadi volunteer bukan berarti harus pergi ke myanmar dan benar-benar turun tangan membantu menyelamatkan warga Rohingya. Itu emang tindakan yang mulia, tapi kita belum cukup umur. Toh sebenarnya Indonesia merupakan negara pertama yang langsung menemui Aung San Suu Kyi, pemimpin Myanmar, loh. That's why myanmar butuh aksi nyata kita.

Kamu bisa mendaftar menjadi bagian dari organisasi non-pemerintah atau komunitas yang aktif mengirimkan bantuan untuk warga Rohingya. Salah satunya adalah Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang melakukan kampanye secara berkelanjutan.Nggak cuma mendapat pengalaman organisasi, kamu juga berperan nyata buat mengurangi krisis kemanusiaan, tuh!

 

Foto: Independent

See? Banyak kan hal nyata yang bisa kita lakukan buat membantu warga Rohingnya? Semoga masalahnya cepat terselesaikan, ya!

 

 Editor: Fahri Syadia

RELATED ARTICLES

Please read the following article