Are You a Zetizen?
Show Menu

Jeff Bezos Menyingkirkan Bill Gates Sebagai Orang Terkaya di Dunia

Rafika Yahya Rafika Yahya 30 Oct 2017
Jeff Bezos Menyingkirkan Bill Gates Sebagai Orang Terkaya di Dunia

Zetizen.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates, menyandang gelar Orang Terkaya di Dunia selama bertahun-tahun. Nggak heran, katanya dalam satu menit dia menghasilkan jutaan rupiah. Tapi, roda hidup terus berputar. Gelar itu direbut Jeff Bezos, pendiri amazon yang sahamnya meningkat hingga USD 1,2 triliun. Oleh karena itu, Bezos disebut sebagai Orang Terkaya di Dunia oleh majalah Forbes. Sekeren apa dia?

Bikin Aksi Bagi-Bagi Pisang

Jeff Bezos
Amazon membagian 5 ribu pisang setiap hari di Seattle (Foto: GeekWire)

 

Kalau milyuner lain fokus menjadi filantropi dalam hal kesehatan maupun pendidikan, Bezos termasuk orang anti-mainstream. Sebab, dia justru mempelopori pembagian pisang untuk masyarakat kota Seattle, Amerika Serikat. Nggak tanggung-tanggung, berdasarkan survei, sekitar 5.000 orang menerima pisang dari Bezos ini.

Sayangnya, publik menilai aksi bagi-bagi pisang yang dilakukan Bezos belum memberikan dampak signifikan seperti yang dilakukan milyuner-milyuner lain. Apalagi bill gates yang sudah menyumbang banyak lewat yayasan-yayasan yang dikelolanya.

Punya Adik Seorang Pahlawan

Sepertinya keluarga Bezos memang suka bikin aksi-aksi kecil, tapi membuat perubahan besar. Buktinya, Mark Bezos, adik kandung Jeff, mengambil keputusan cukup besar dalam hidupnya demi kemanusiaan. Dia memilih resign dari pekerjaan mapannya di bidang periklanan dan banting setir mengambil bagian di organisasi anti kemiskinan Robin Hood New York.

Uniknya lagi, Mark pernah jadi volunteer pemadam kebakaran. Suatu hari, dia masuk ke dalam bangunan yang dilahap jago merah hanya demi sepasang sepatu dan seekor anjing milik penghuni bangunan. Lucu ya! Dalam TED Talk yang diikutinya pada 2011, dia mengatakan kalau kamu punya hal yang bisa kamu berikan untuk orang lain, just do it!

Mark Bezos
Mark Bezos saat jadi speaker TED Talk (Foto: NPR)

Visioner dan Inovatif

Layaknya milyuner-milyuner dunia, Bezos nggak cuma dikenal nyentrik dan out of the box, tapi juga seorang pemimpi besar. Kepada Geekwire, dia mengungkapkan keinginannya membangun hotel dan taman hiburan di ruang angkasa. Dia juga pengen memulai peradaban antariksa lho!

Hal itu nggak cuma based on dream. Dia memprediksi kalau beberapa ratus tahun lagi manusia bakal memindahkan semua industri berat ke luar angkasa. Tujuannya adalah agar bumi jadi tempat tinggal yang indah dan layak untuk semua manusia.

Fans Berat Star Trek

Usut punya usut, mimpi Benzos membangun peradaban di luar angkasa diawali dari kesukaannya pada film Star Wars. Bahkan, dia sempat jadi cameo dalam Star Trek Beyond (2016)! Tapi, jangan harap kamu bisa menemukan wajah Bezos. Sebab, wajahnya tersembunyi di balik topeng alien keriput berkulit abu-abu. Ternyata, kecintaannya pada film ini dimulai sejak kecil.

Jeff Bezos jadi cameo di Start Trek Beyond
Kostum Bezos (kanan) dalam Star Trek Beyond (Foto: GeekWire)

 

| Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article