Siap-siap nih buat belanja online besok! (Foto: Style Factory)

 Zetizen.com - Tiap 12 Desember, Indonesia merayakan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Nggak terhitung banyaknya iklan e-commerce yang berseliweran menjelang perayaan tersebut. Nggak cuma gencar promo di media sosial aja, tetapi e-commerce juga berlomba-lomba untuk iklan di televisi, lho. Ribuan produk di online marketplace pun banting harga habis-habisan dan membuat semua orang kalap untuk membeli. Well, kamu tau nggak sih fakta-fakta menarik seputar harbolnas? Scroll down to know! (nen)

Dimulai Sejak 2012

Ternyata perayaan ini sudah dimulai sejak enam tahun lalu, lho! (foto:Rim Timblog)

Enam tahun lalu, tanggal cantik 12.12.12 dipilih sebagai hari untuk berbelanja online. E-commerce yang ada kala itu membuat promo dan diskon besar untuk cuci gudang di akhir tahun. Konon, 12.12.12 sendiri terinspirasi dari cyber monday yang dirayakan di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Jerman. Masyarakat di negara tersebut punya kebiasaan untuk berbelanja di akhir tahun, terlebih setelah momen Thanksgiving di Amerika Serikat dan atau menjelang hari raya Natal.

Melihat animo masyarakat yang semakin besar untuk berbelanja online, di tahun selanjutnya, 2013, dibuatlah 12.12 sebagai tanggal khusus untuk berbelanja online. E-commerce yang ada semakin gencar untuk memberikan promo, apalagi semakin tahun, persaingan semakin ketat dan kompetitor kian banyak. Nggak heran, kalau kita ngeliat banyak produk banting harga just for one day di tanggal tersebut. Hayo, kamu sendiri ngincar e-commerce mana buat berbelanja besok?


Pakaian dan Kosmetik jadi Produk Paling Laris di 2017

Berburu produk impian di e-commerce yuk, besok! (foto:Asa Kazingmei)

Penasaran, produk apa sih yang paling banyak dibeli saat Harbolnas tahun lalu? Jawabannya adalah pakaian dan kosmetik! Hal ini diungkapkan oleh director and consumer insight Nielsen Indonesia, Rusdy Sumantri. Dilansir dari Jawapos.com, ia mengatakan bahwa saat Harbolnas, masyarakat paling banyak melakukan pembelian produk fashion, sport dan pakaian. Selain itu, produk travel dan kosmetik nggak kalah laris manis. Rinciannya, produk fashion memimpin dengan 74 persen, diikuti dengan produk travel sebesar 29 persen serta produk kosmetik dan kecantikan sebanyak 28 persen.

Selain itu, Country Manager dan Co-Founder ShopBack Indonesia, Indra Yonathan menuturkan bahwa gadget, mom and baby serta health and beauty jadi kategori yang paling banyak dikunjungi saat Harbolnas 2017. Nggak jarang juga, banyak orang yang memanfaatkan momen Harbolnas untuk berganti smartphone karena diskon gila-gilaan yang diberikan di hari itu. Sekalian upgrade gadget, ya?


Transaksi Tahun Lalu Mencapai 4,7 Triliun Rupiah!

Kalau tahun ini, kira-kira bakal tembus berapa ya? (foto:iStock)

Harbolnas ternyata punya efek besar di bidang perekonomian, lho. Siapa sangka kalau total transaksi Harbolnas tahun lalu mencapai 4,7 triliun rupiah? It's really fantastic! FYI, di tahun 2017, ada 254 e-commerce dari berbagai kategori yang memberikan promo dan diskon besar. Nggak heran kalau penjualan pada Harbolnas 2017 meningkat 4,2 kali dari hari-hari biasa. Dilansir dari Jawapos.com, ada peningkatan 1,4 triliun bila dibandingkan dengan total transaksi Harbolnas di tahun 2016. Bahkan, Rusdy menyebut bahwa peningkatan transaksi itu disumbang dari pembelian dari luar Pulau Jawa, meningkat 82% dibanding tahun sebelumnya.

Kalau tahun 2018 ini, apakah total transaksinya melebihi rekor di tahun 2017? We will see.


Share
Create Your Own Article!