Zetizen.com - The world evolves inside your smartphone. Yep, bahkan sekarang ada printer 3D portabel yang bisa terhubung ke smartphone-mu. Dibuat oleh perusahaan asal San Fransisco bernama OLO, printer itu bisa mencetak benda dari smartphone Android, iOS, dan Windows. Printer 3D OLO merupakan printer pertama yang memanfaatkan layar smartphone berukuran maksimal 5.8 inci dan sinar laser untuk mencetak objek 3D.

Material yang digunakan untuk mencetak benda berasal dari tinta dari getah berbagai jenis pohon, khususnya pohon runjung. Tinta itu cepat membeku sehingga mampu membentuk objek 3D transparan. Keren!

 

How to use it? Jangan lupa install aplikasi OLO pada smartphone-mu. Lalu, dari aplikasi itu user bisa memilih benda 3D yang akan dicetak. Klik “print”, taruh smartphone pada alas printer, lalu tutup. Selanjutnya, tuangkan tinta khusus di atas layar smartphone dan tunggu printer itu bekerja. Sayangnya, untuk mencetak benda berdimensi 42 x 20 x 20 mm saja, printer 3D OLO perlu waktu hingga 4 jam.

Kini Kickstarter tengah membantu OLO untuk mengumpulkan dana sekitar USD 80.000 untuk proses produksi. Jika dana sudah mencukupi, rencananya printer 3D OLO akan dibandrol dengan harga sekitar USD 99 atau sekitar Rp 1,3 juta. Lumayan terjangkau kan? (gizmag/techtimes/dhs/sam)

 

Foto: 3dOLO

Video: YouTube

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!