Are You a Zetizen?
Show Menu

Pemerintah Chattanooga: Semua Orang Berhak atas Akses Internet!

Zetizen Zetizen 13 May 2016
Pemerintah Chattanooga: Semua Orang Berhak atas Akses Internet!

 

Zetizen.com – Siapa sih yang nggak butuh internet? Kayaknya koneksi internet udah jadi kebutuhan primer, apalagi buat generasi Z. Sayangnya, nggak semua orang bisa bayar kuota seperti kamu. Itu lah yang mendorong pemerintah kota Chattanooga, Amerika Serikat, memberikan program Tech Goes Home buat warga kurang mampu. Sebanyak 25.000 anak-anak di kota tersebut terlalu miskin bahkan untuk membeli makan siang dengan harga normal. Apalagi buat bayar internet?

"Kami tidak bisa membiarkan kesenjangan terhadap akses internet. Akses terhadap internet harus setara untuk semua orang," ujar Andy Berke, Wali Kota Chattanooga, dilansir dari CNN. Yep, program Tech Goes Home bertujuan mengenalkan internet kepada warga dengan kemampuan finansialnya rendah.

Pada program itu mereka bakal diajari cara membuat dan mengakses email, membayar tagihan secara online, atau mengatur akses internet yang aman untuk anak. Selain itu pemerintah punya program NetBrigde yang memberikan potongan harga untuk akses internet supercepat 100 MBs.

 

 

Program itu ditujukan untuk pelajar kurang mampu agar mendapat kesempatan mengakses internet. Yang berhak mendaftar NetBridge adalah pelajar yang mendapat potongan harga makan siang di sekolahnya. Mereka hanya membayar $26.99 untuk harga normal $57.99 per bulan. Hingga kini, sebanyak 1700 keluarga telah mendaftar NetBridge dan 700 warga telah lulus dari program Tech Goes Home. Dua program itu telah berjalan sejak Agustus 2015.

Kebanyakan provider internet supercepat di Amerika Serikat dimiliki oleh pihak swasta, sehingga susah untuk memberi harga murah. Makanya pemerintah Chattanoga menciptakan jaringan optic fiber sendiri yang berkelas dunia. Dikelola oleh agensi pemerintah, Electric Power Board, kini warga Chattanoga nggak perlu khawatir internet lemot atau mahal. Pemerintah juga nggak perlu khawatir dengan hukum negara yang melarang memberi harga jasa internet dengan harga murah.

Masa depan suatu bangsa emang ada di tangan generasi muda. Nah internet lah yang membantu generasi muda memperluas wawasannya. Semoga deh program Tech Goes Home dan NetBridge bisa ditiru oleh pemerintah di Indonesia, khususnya di daerah-daerah terpencil, bener nggak guys? (CNN/newschannel/dhs/sam)

RELATED ARTICLES

Please read the following article