Zetizen.com - Sepatu biasa cuma bisa jadi alas kaki yang menemani kamu jalan-jalan. Tapi di tangan perusahaan jasa penerbangan asal Inggris easyJet, sepatu disulap jadi penunjuk arah.  Dinamai Sneakairs, sepatu itu nggak hanya nyaman dipakai, tapi juga sangat berguna saat dipakai traveling.  Sneakairs masih berupa produk prototype yang masih dalam proses uji coba.

Sneakairs dilengkapi sensor GPS yang dihubungkan dengan smartphone lewat bluetooth dan aplikasi easyJet. Uniknya, ketika memasukkan destinasi ke aplikasi easyJet, Sneakairs akan memberi sinyal berupa getaran di dalam sepatu yang dapat menunjukkan arah. Perangkat navigasi aplikasi easyJet juga di-support oleh Google Maps dan Google Maps Direction API, aplikasi navigasi khusus untuk pejalan kaki.

 

 

Karena masih diuji coba, Sneakairs belum diluncurkan untuk diproduksi masal. Prototype-nya baru saja diujicobakan untuk tujuan wisata di Barcelona, Spanyol dalam  Barcelona Street Project. Misalnya untuk menuju dua landmark Barcelona yaitu Gaudi's Casa La Pedrera dan Casa Battlo.

Transmitter yang terpasang di antara cushion dan sol sepatu akan menangkap sinyal dari smartphone. Sepatu tersebut juga aman digunakan saat kaki terinjak ataupun berkeringat karena dilindungi oleh bahan plastik superkuat yang dicetak dengan printer 3D.

Kata Marketing Director easyJet Peter Duffy, jika rencana produksi Sneakairs berhasil diwujudkan, sepatu tersebut hanya akan dijual selama penerbangan easyJet berlangsung. “Sepatu ini menawarkan solusi praktis bagi para penumpang yang ingin merasa lebih rileks mengunjungi tempat baru tanpa merasa khawatir soal peta dan menikmati tiap momennya ketika mereka mengeksplorasi hal-hal baru di kota tujuan," tukasnya.

 

Selain Sneakairs, easyJet pernah merilis fitur Mobile Host pada aplikasi easyJet. Fitur itu bisa memberi segala informasi penerbangan mulai dari tanggal kedatangan, penunjuk arah untuk sampai ke gate, bahkan area terbaik untuk meletakkan tas. (dailymail/digitaltrends/ndy/sam)

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!