Are You a Zetizen?
Show Menu

Kereta Cepat Hyperloop Tempuh Los Angeles - San Fansisco Dalam 30 Menit

Zetizen Zetizen 26 May 2016
Kereta Cepat Hyperloop Tempuh Los Angeles - San Fansisco Dalam 30 Menit

 

Zetizen.com - Perusahaan transportasi supersonik, hyperloop One baru saja melakukan uji coba produk kereta cepat buatannya bernama Hyperloop. Uji coba dilakukan pada 11 Mei lalu di hamparan padang pasir Nevada, Amerika Serikat dengan hasil yang memuaskan. hyperloop mampu berakselerasi hingga kecepatan 187km/jam dalam waktu 1,1 detik. Canggih banget, bray!

Kecepatan hyperloop menyapu hamparan gurun pasir Nevada, AS.

Hyperloop merupakan kereta cepat berbentuk tabung besar. Meskipun tetap berjalan di atas rel seperti kereta pada umumnya, namun hyperloop digerakkan dengan energi yang dihantarkan oleh sistem magnetis canggih. Sehingga kereta akan terasa berjalan mengambang di atas rel. “Hyperloop merupakan salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan transportasi dunia,” ujar Co-Founder hyperloop One, Shevin Pishevar seperti yang dilansir News.com.au.

Sementara itu, elon musk selaku pemilik hyperloop One memang berambisi untuk menghasilkan sistem transportasi futuristik sejak tahun 2013. Projek hyperloop ini pun menghabiskan dana sebesar USD 80 juta. Desember mendatang, pihak hyperloop akan kembali membangun trek uji coba sepanjang 1 kilometer di area Apex Industrial Park di Las Vegas Utara. Pengujian dilakukan dengan penggunaan motor linier berkecepatan 530km/jam di atas rel sebelum akhirnya kemampuan hyperloop dicoba kembali. 

Tabung hyperloop dipersiapkan menjelang uji coba. Foto: hyperloop One

Ingin coba menaiki kereta cepat ini? Well, kamu harus bersabar nih. Sebab, hyperloop baru bisa digunakan untuk keperluan pengantar barang atau cargo pada tahun 2019. Sedangkan pengoperasian untuk penumpang umum dibuka tahun 2021 mendatang dengan biaya USD 20 atau sekitar Rp 280 ribu per orang. Dengan pengoperasian hyperloop diperkirakan jarak tempuh Los Angeles menuju San Fansisco dapat ditempuh hanya dalam 30 menit saja. Keren! (News.com.au/Telegraph UK/hth/ver)

RELATED ARTICLES

Please read the following article