Are You a Zetizen?
Show Menu

Nikmati Sensasi Video Virtual Reality di Youtube

Zetizen Zetizen 03 Aug 2016
Nikmati Sensasi Video Virtual Reality di Youtube

 

Zetizen.com – Tren serba virtual reality (VR) emang lagi hits banget. Baru-baru ini, youtube mengumumkan fitur video 360° melalui blog resmi mereka. Fitur baru youtube tersebut merupakan salah satu usaha google dalam mengembangkan teknologi virtual reality. Ini memungkinkan google memberikan pengalaman baru bagi penggunanya.

Ngomongin soal VR, google memang sudah memprioritaskan teknologi tersebut sejak 2015. Melalui VR, para pengguna diajak untuk masuk ke dalam dunia virtual alias maya. Dimana, user dapat berinteraksi secara langsung dari konten di dalamnya. Teknologi ini biasanya memerlukan alat tambahan berupa cardboard atau kacamata VR yang dihubungkan dengan smartphone. Namun, karena permintaan pasar yang cukup tinggi dan pesebaran alat tambahan yang masih minim, google melalui youtube berusaha membuat sebuah inovasi.

 

Ikon joystick yang ada di pojok kiri atas bantu pengguna menggeser video agar terlihat virtual. Credit: Youtube

 

Video yang terlihat 360 derajat bisa dinikmati semua pengguna tanpa alat tambahan. youtube menambahkan ikon joystick virtual di pojok kiri atas yang dapat digunakan untuk melakukan navigasi. Melalui empat tombol yang mewakili empat arah tersebut, pengguna dapat melihat konten youtube dari segala sisi. Atau sederhananya, kamu cukup menggeser kursor komputer atau smartphone agar video terlihat 360 derajat. Dijamin, ini bakal jadi pengalaman menonton baru yang seru.

 

Ikon joystick. Credit: Narodfm

 

Walau fitur ini tergolong baru, beberapa youtubers kelas dunia sudah mengunggah mengunggah Video 360 miliknya. Seperti Kurt Hugo yang mengunggah Video 360 pertamanya yang berjudul “Where You Are”. Sampai hari ini (2/8), video tersebut sudah ditonton lebih dari 1,7 juta viewersAnyway, untuk membuat Video 360 derajat seperti milik Hugo, kamu perlu menggunakan kamera khusus. Misalnya, Ricoh Theta S yang bisa kamu lihat produknya di situs http://theta360.com

 

 

Nggak cuma itu, dalam waktu dekat youtube berencana merilis fitur yang mendukung Video 360 yang disajikan secara real time. Artinya, acara keren seperti live concert bisa ditayangkan langsung di youtube secara virtual. Hal tersebut dikonfirmasi oleh CEO Youtube, Neal Mohan. “Kami juga akan membuat streaming yang terlihat 360 derajat. Secara langsung dengan dukungan teknologi audio yang juga spesial dan mendukung semua lokasi di seluruh dunia. Sehingga anda dapat menjadi bagian di dalamnya,” ujarnya seperti dikutip dari Eweek. (Eweek/dmp/ver)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article