Para panda keeper sedang merawat panda kecil. Credit: NBC News

 

Zetizen.com - Siapa sih yang nggak gemas sama panda? Hewan bertubuh besar dengan warna hitam-putih ini jadi favorit banyak orang karena tingkah lakunya yang lucu. Anyway, merawat panda ternyata butuh cara khusus loh. Di Tiongkok, staf kebun binatang bahkan mempekerjakan perawat panda yang dianggap jadi profesi unik. Gimana ya detil pekerjaan seorang panda keeper? Yuk, simak ulasannya! (guardian/huffingtonpost/fhr/ver)

 

Kuasai Beragam Skill

Panda emang dikenal sebagai hewan jinak, manja dan friendly. Makanya, secara umum perawat panda nggak sekedar memberi makan, tapi juga memberi perhatian khusus. Seperti ikut bermain bersama, menggendong, bahkan memeluk panda ketika mereka ketakutan. Uniknya, perawat panda juga memakai kostum! Pemakaian kostum bertujuan agar panda nggak merasa terancam dengan kehadiran perawat di dekatnya. Fyi, pemakaian kostum itu cuma dilakukan waktu melakukan pemindahan lokasi perawatan panda aja, ya.

Tapi, syarat buat jadi perawat panda ternyata bermacam-macam. Dilansir dari China Daily, perawat panda harus punya pengalaman dasar merawat hewan ala veterinarian, kemampuan menulis, bahkan fotografi. Wih!

 

Agar proses pemindahan lokasi perawatan panda lancar, panda keeper memakai kostum khusus mirip panda. Credit: Telegraph

 

Menyita Banyak Waktu

Kalau kamu ngira kerja jadi perawat panda itu asik dan seneng-seneng terus, kamu salah. Sebab, pekerjaan ini banyak menyita waktu loh. Hal ini dituturkan Michael Livingstone, seorang perawat panda dari Kebun Binatang Edinburgh, Skotlandia, seperti yang dilansir Guardian.

“Kami menjaga mereka 7 hari seminggu, 24 jam sehari. Itu pekerjaan yang banyak. Apalagi, pada saat musim melahirkan,” ujarnya. 

But, Livingstone tetap mengaku enjoy dan menganggap pekerjaan ini sebagai berkah. Paling nggak, dia bisa bercengkrama bareng hewan unik seperti panda. Which is, ini menjadi hal yang nggak bisa semua orang rasain. 

 

 

Penghasilan Tinggi

Bekerja dengan waktu yang padat dan skill ekstra, rasanya nggak heran deh kalau gaji seorang panda keeper menjanjikan. Di Tiongkok, gaji seorang perawat panda mencapai 32.000 USD setahun atau setara dengan Rp 35 juta per bulan! Sayangnya, kebutuhan pihak kebun binatang terhadap panda keeper terbatas. Apalagi, di Indonesia belum ada kebun binatang yang punya koleksi satwa selucu panda. Hmm... ini sih namanya harus terbang jauh hingga ke negeri Cina dulu ya, guys?

 

Credit: weheartit
Share
Create Your Own Article!