Are You a Zetizen?
Show Menu

Smart Jacket Commuter Trucker, Hasil Kolaborasi Google dan Levi's

Nourma Vidya Nourma Vidya 17 Mar 2017
Smart Jacket Commuter Trucker, Hasil Kolaborasi Google dan Levi's

Zetizen.com - Lewat proyek kolaborasi dengan perusahaan denim dunia, Levi’s, google mewujudkan angan-angan manusia akan sebuah inovasi teknologi yang wearable. Yap, inilah smart jacket. Diberi nama Commuter Trucker, jaket pintar ini merupakan hasil proyek kolaborasi google ATAP (Advance Technology and Project) dan Levi’s.

Google ATAP adalah sebuah divisi google yang bertugas menciptakan inovasi teknologi yang aplikatif dan mudah diwujudkan dalam waktu singkat. Lewat proyeknya dengan Levi’s, tim google ATAP membuat teknologi bernama google Jacquard, yakni teknologi untuk mengubah kain biasa menjadi sensitif terhadap perintah dalam bentuk sentuhan. Nah, teknologi google Jacquard inil ‘ditanamkan’ pada denim jacket Levi’s dan menghasilkan smart jacket bernama Commuter Trucker ini.

Commuter Trucker memungkinkan kita melakukan perintah pada smartphone tanpa bersusah payah mengeluarkannya dari kantong. Sesuai namanya, Commuter Trucker emang dibuat untuk memudahkan para pengguna sepeda yang kesulitan menggunakan smartphone dalam perjalanan. Nantinya, lengan jaket akan dilengkapi sebuah panel sentuh yang bisa merespon perintah dalam bentuk sentuhan atau ketukan. Perintah ini akan diteruskan ke smartphone lewat bluetooth controller. Asyik ya!

Foto : google ATAP

Bentuk perintahnya bebas dan bisa ditentukan pengguna. Misalnya, satu ketukan untuk menjawab telepon, dua ketukan untuk memutar musik, terserah kamu deh!

“Penggunaan jaket ini dibarengi sebuah aplikasi. Pengguna bisa menentukan sendiri bentuk perintah seperti apa digunakan untuk mengakses apa,” ujar ketua tim Jacquard Project, Ivan Poupyrev, seperti dilansir dari Hackernoon.

Meski dipasangi dengan teknologi, kamu nggak perlu khawatir tentang cara mencuci jaket ini. Sebab, panel sentuh di lengan jaket sengaja dibuat washable. Semua sistem elektronik terletak pada sebuah manset yang bisa dilepas dan dipasang sesuka hati. Manset inilah yang harus dilepas sebelum mencuci jaket pintar. “Panel sentuh memang sengaja diciptakan fleksibel, bisa dicuci dan masih mempunyai fungsi teknologi setelahnya,” ujar Paul Dillinger, VP Global Product Levi’s.

Gimana, tertarik beli smart jacket ini? Eits, sabar dulu. Jaket ini rencananya akan dirilis pada akhir musim gugur 2017. Buat kamu yang udah ngebet banget pengen memakai smart jacket, kamu harus menabung ya. Satu buah Commuter Trucker akan dibanderol dengan harga USD 350 atau sekitar Rp 4,6 juta.

| Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article