foto: Hypebeast

 

Zetizen.com – Sejak versi pertamanya, PSX, rilis di awal 90-an, konsol buatan Sony Entertainment ini langsung jadi ikon gaming console paling laris di seluruh dunia. Nggak heran kalau PlayStation system akhirnya jadi platform gaming yang menaungi begitu banyak judul-judul game legendaris. In-fact, banyaknya judul game yang dirilis eksklusif untuk platform ini akhirnya bikin PC gamer iri karena nggak bisa ikut menikmati. Buat memenuhi keinginan, PC gamer pun akhirnya memanfaatkan program emulator yang bsia menjalankan game-game PS di komputer mereka.

Tapi, penggunaan emulator ini tentu bukan tanpa cacat. Hampir seluruh emulator nggak bisa menjalankan game PS di komputer semulus konsol aslinya. Sebagai contoh, GTA San Andreas, game terlaris di konsol PS2, bakal berjalan lancar saat dimainkan langsung di konsolnya. Sementara waktu dimainkan di PC dengan emulator, kamu justru akan mengalami lag yang cukup parah, meskipun spesifikasi PC mu sebenarnya jauh lebih tinggi dari PS2. 

Hal ini karena emulator memang nggak bisa menjalankan game-game tersebut secara efektif. Sebab, emulator harus memproses game tersebut secara bertumpuk akibat format game yang berbeda. Sederhananya, emulator harus menerjemahkan bahas program PS2, mengubahnya ke bahasa program yang bisa dimengerti PC mu, baru menjalankannya diatas program emulatornya sendiri. Hal ini membuat komputermu harus memproses data secara berkali-kali hanya untuk satu adegan sederhana dalam game. Jadinya, kamu bakal sering mengalami lag.

 

 

foto: pcadvisor

 

Nah, untungnya, pihak Playstation ternyata peka sama masalah yang satu ini. Dan seakan datang sebagai penyelamat, Playstation akhirnya merilis sebuah aplikasi resmi yang membuatmu bisa memainkan game-game PS di PC tanpa emulator. program bernama PS Now ini bahkan juga menyediakan opsi konektivitas kontroler DUALSHOCK4 dengan perangkat konektor USB tambahan. 

Didukung lebih dari 300 game PS terbaik, kamu nggak lagi harus mendownload game-game tersebut untuk dimainkan. Sebab, berbekal koneksi internet, kamu bisa memainkan game-game PS tersebut secara streaming, menyimpan progress mu di cloud, dan melanjutkan permainan di konsol PS, atau komputer dengan aplikasi PS Now lainnya. Jadi, nggak perlu lagi deh ngerasain lag waktu memainkan game PS di PC cuma gara-gara emulator yang bikin berat. Langsung aja cek aplikasi dan cara menggunakannya di sini

 

Editor: Bogiva 

Save

Share
Create Your Own Article!