Are You a Zetizen?
Show Menu

Apa Peran Guru Bisa Digantikan Oleh Internet?

Farahiyah Inarah Farahiyah Inarah 21 Mar 2017
Apa Peran Guru Bisa Digantikan Oleh Internet?

Zetizen.com – Dengan semakin berkembangnya teknologi, metode belajar di sekolah juga semakin maju. Kita dituntut menjadi mandiri dengan cara browsing sendiri. Nggak heran kalau akhirnya kita semakin tergantung sama internet. Dan sedihnya, anggapan “guru nggak boleh kalah canggih dari murid” membuat peran guru bergeser. Kok bisa?

Menurut pengakuan Zetizen, ada beberapa guru yang mulai “pelit” menjelaskan. Misalnya Vedra Antonia dari salah satu SMA swasta di Surabaya. Dia mengaku punya guru yang suka menyuruh muridnya browsing sendiri. "Guru sejarahku cuma nyuruh kita searching di internet. Udah disuruh browsing, eh, tugasnya dikasih bertumpuk-tumpuk," katanya. Menurutnya, hal ini malah bikin dia dan temen-temennya bingung. "Soalnya kita cuma asal copy-paste tanpa tahu benar atau nggaknya," imbuhnya. Sedangkan website yang sering dijadikan source adalah Wikipedia dan blog pribadi orang lain.

Tuh kan. Kalau peran guru harus benar-benar digantikan dengan teknologi, banyak Zetizen yang nggak mau! Sebab, bagi mereka, guru bukan sekedar sumber ilmu pengetahuan. Melainkan juga penting dalam kehidupan mereka. Hal-hal apa sih yang membuat peran guru nggak akan bisa digantikan teknologi? Yuk, simak apa kata Zetizen berikut ini!

Apa kamu punya guru yang sering menyuruh muridnya memanfaatkan Teknologi secara berlebihan?

| Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article