Zetizen.com – Di sekolah, rasanya nggak ada posisi organisasi yang lebih membanggakan dibanding ketua OSIS. Iya, sebagai ujung tombak penghubung murid dan guru, ketua OSIS emang punya seabrek tanggung jawab yang lumayan berat. That's why, pemilihan ketua OSIS pun nggak sembarangan. Calon ketua OSIS biasanya harus menjalani serangkaian tes dan uji kampanye di depan seluruh warga sekolah. 

Nah, buat kamu yang emang udah berambisi untuk mencalonkan diri jadi ketua OSIS di tahun ajaran yang akan datang ini, pastikan persiapanmu matang. Selain visi, misi dan program kerja, hal-hal berikut ini juga nggak kalah penting kamu lakukan buat memperbesar kemungkinanmu menang nantinya.

Meski Diakui, Jangan Jadi Sok

Jangan sok meski terpilih jadi calon ketua OSIS (foto:Youtube)

Kalau kamu udah punya kesempatan mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai ketua OSIS, chances are kamu termasuk murid yang punya sepak terjang oke di organisasi. Tapi meski pencapaianmu udah diakui, bukan berarti kamu bisa jadi sok dan merasa jadi yang paling baik dalam segala hal. Faktanya, kamu tetap nggak bakal bisa jadi apa-apa kok tanpa dukungan teman-temanmu. Jadi, se bangga apapun kamu dengan pencapaianmu, jangan sampai lupa daratan, bro!


Pelajari Skill Public Speaking

Belajar public speaking bakal sangat membantu kampanyemu (foto:Giphy)

Waktu mempersiapkan catatan pidato kampanye sih semuanya terasa fine-fine aja. Tapi begitu berdiri di hadapan seluruh warga sekolah, kamu tiba-tiba nervous dan nggak ngerti mau ngomong apa. Wah, nggak asik banget kan? Bisa-bisa kampanye mu gagal cuma gara-gara kamu gugup dan nggak bisa menyampaikan program-program mu dengan baik. 

Makanya, selain mempelajari segala hal seputar calon jabatanmu, kamu juga harus belajar bicara di depan umum. Seenggaknya, coba belajar cara mengatur pernafasan, intonasi, sampai cara ngomong yang jelas dan nggak membosankan. Percaya deh, setelah pemilihan ketua OSIS selesai pun, skill-skill itu bakal terus kamu butuhkan sampai kapanpun.


Rangkul Semua Jenis Teman

Teman-temanmu punya karakter yang beragam (foto:Twitter)

Namanya lingkungan sekolah, pasti dihuni sama berbagai anak yang beda-beda karakternya. Ada tipe yang super rajin dan penurut, ada pula yang cenderung bandel dan slengean. Seorang calon ketua OSIS harus bisa membaur dan merangkul semua warga sekolah. Rajin-rajin bergaul dengan semua tipe teman, bakal bikin kamu bisa lebih memahami mereka semua. Jadi, selain bikin perolehan suaramu makin banyak, kamu juga bakal lebih gampang dapat dukungan waktu menjalankan program-programmu nantinya.


Bikin Program yang Asyik

Bikin program menarik bikin teman-teman semangat memilih kamu (foto:Zetizen)

Udah jadi hukum alam, kalau anak muda cenderung suka semua hal yang seru dan fun. Maka, mengemas program positif dengan cara yang menarik dan asyik juga sangat dibutuhkan. Misalnya merencanakan eskul baru yang lagi populer di kalangan anak muda, atau bikin acara-acara kreatif yang masih jarang ada di sekolah lain. Hal-hal kayak gini bakal gampang banget bikin mereka menerima, dan mendukung program yang kamu rencanakan.


Tujukkan Prestasi Buat Memotivasi, Bukan Buat Pamer

Tunjuk prestasi boleh, asal jangan pamer (foto:Pinterest)

Sebagai calon ketua OSIS, kamu harus bisa jadi contoh yang baik buat semua temanmu. Misalnya dengan menunjukkan track record prestasi yang membanggakan. Nggak ada salahnya menunjukkan beberapa prestasi yang pernah kamu capai. Asalkan, kamu menyampaikannya dengan niat untuk memotivasi teman-temanmu. Kalau kamu menyampaikannya sambil pamer sih, teman-teman juga bakal malas dan mungkin aja malah jadi ilfil sama kamu.

Nah, gitu deh kira-kira tipsnya. Buat kamu yang lagi bersiap ikut seleksi calon ketua OSIS, semangat ya!

Editor: Bogiva


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!