Are You a Zetizen?
Show Menu

Ibukota Indonesia Bakal Dipindah! Ini 5 Kota yang Cocok jadi Kandidatnya

Nourma Vidya Nourma Vidya 08 Jul 2017
Ibukota Indonesia Bakal Dipindah! Ini 5 Kota yang Cocok jadi Kandidatnya

Zetizen.com – Apa jadinya kalau ibukota Indonesia nggak di Jakarta? Rencana pemindahan ibukota ini mungkin segera jadi kenyataan lho! Beberapa hari lalu, pemerintah melalui Menteri Perencanaan Pembangunan Bambang Brodjonegoro mengungkap rencana serius memindahkan ibukota. Kabarnya rencana ini sudah didiskusikan sejak lama dengan presiden dan bakal direalisasikan pada 2018. Wow!

Pemindahan ini bakal memisahkan pusat pemerintahan dan bisnis Indonesia. Pusat pemerintahan dipindah, sementara pusat ekonomi-bisnis tetap di Jakarta. Iya, seperti Amerika yang punya pusat pemerintah di Washington DC dan bisnis di New York. Nah, kalau rencana ini benar-benar terealisasi, kota-kota berikut sepertinya paling cocok sebagai kandidatnya!

Palangkaraya

Palangkaraya udah digadang-gadang jadi calon ibukota sejak zaman Presiden Soekarno! (Foto : Twitter)

 

Ibukota provinsi Kalimantan Tengah ini jadi salah satu kandidat kuat calon ibukota baru Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Palangkaraya punya keunggulan geografis yang nggak dimiliki kota lain. Letaknya yang berada tepat di tengah Indonesia menjadikan akses dari dan ke penjuru Indonesia lebih mudah. Cocok banget kan sebagai pusat pemerintahan negara?

Keunggulan Palangkaraya sebagai ibukota bahkan udah lama dilirik Ir. Soekarno. Pada 1957-1958, Soekarno sempat mencuatkan ide pemindahan ibukota ke Palangkaraya. Kota ini dianggap ideal sebagai representasi negara karena terletak di luar jalur ring of fire sehingga aman dari bencana alam. Wah, kalau dulu rencana ini cuma wacana, mungkin kali ini status ibukota bakal benar-benar pindah ke Palangkaraya?

Makassar

Salah satu kota metropolitan satu ini juga cocok jadi ibukota (Foto : Banban)

 

Status ibukota kadang terkesan glamour. Sebagai representasi negara, kesan gemerlap memang somehow bisa menjadi senjata suatu negara buat "pamer" tingkat kemajuannya. Nah, kalau mencari kota dengan city-life oke, tapi nggak di Pulau Jawa (seperti rencana pemerintah), maka Makassar jelas jadi kandidat yang nggak boleh dilewatkan.

Selain membantu pemerataan, pemindahan ibukota ke Makassar juga bisa menunjukkan pada dunia kalau "kemewahan" Indonesia nggak cuma di Jawa. Dengan kegiatan industri dan pembangunan pesat, Makassar sudah ditasbihkan sebagai salah satu kota metropolitan. Of course, berbagai fasilitas sudah tersedia. Oh ya, Makassar juga kota multi-etnis loh. Mulai Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, sampai Tionghoa tinggal berdampingan di sana. Representatif banget deh buat menggambarkan indahnya keanekaragaman Indonesia.

Palembang

Siapa tahu Indonesia bakal jadi sejaya Kerajaan Sriwijaya dulu? (Foto : Indonesiatravel)

 

Kalau ibukota Sumatera Selatan ini cocok dijadikan kandidat ibukota karena sejarahnya yang sangat menjanjikan. Kita tentu nggak lupa kalau Palembang pernah jadi pusat pemerintahan salah satu kerajaan terbesar Indonesia, Kerajaan Sriwijaya. Menurut catatan seorang pengembara Arab, Al Masudi, Kerajaan Sriwijaya pernah jadi salah satu kerajaan termasyhur di dunia. Nggak cuma jadi pusat perdagangan, Sriwijaya juga disebut punya wilayah kekuasaan yang luasnya nggak cukup dikelilingi dalam waktu dua tahun!

Nggak heran deh kalau banyak orang menyebut Palembang cocok jadi ibukota. Sejarah kebesaran Kerajaan Sriwijaya di masa lalu diharapkan bisa membawa Indonesia ke kejayaan yang sama. Psst... Palembang juga punya potensi modernity yang menjanjikan lho. Pembangunan kereta layang (LRT) sampai sirkuit Moto GP jadi proyek-proyek keren yang bisa ditunggu dari kota ini. Super cool deh buat jadi ibukota!

Mataram

Tamu-tamu negara pasti dibuat kesengsem sama keindahan kota ini! (Foto : Twitter)

 

Sebuah ibukota tentu bakal dikunjungi banyak tamu dari berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, kota yang indah tentu cocok buat membawa nama baik Indonesia ke mata dunia. Nah, sebagai ibukota salah satu pulau paling eksotis di Indonesia, Mataram jelas cocok mengemban tugas ini.

Kalau ibukota Indonesia dipindah ke Mataram, semua tamu negara bakal disuguhi keindahan alam Pulau Lombok yang luar biasa. Nggak seramai Bali, para tamu bakal dibuat terkesima dengan keindahan Pantai Senggigi, Gili Trawangan, sampai keramahan tradisi Desa Sade. Widih, dijamin pada pulang ke negara masing-masing dengan kekaguman tentang Indonesia deh!

Jayapura

Pulau eksotis Papua nggak bakal lagi deh teranaktirikan kalau ibukota ada di Jayapura (Foto : Otonomi)

 

Dalam rencana pemindahan ibukota, pemerintah berniat memprioritaskan kota-kota di luar Jawa sebagai kandidat. Tujuannya adalah demi meratakan kemajuan dan pembangunan di negeri ini. Kalau di-relate sama misi ini, maka kota-kota di Papua jelas masuk dalam persyaratan. Karena terletak di ujung timur Indonesia, Papua emang kerap cenderung "teranak-tirikan".

Padahal, provinsi ini punya potensi kekayaan luar biasa. Berdasarkan data Metals Economic Group 2012, Papua termasuk dalam jajaran daerah penghasil emas terbesar di dunia. Nah, kalau ibukota dipindah ke Jayapura, nggak bakal ada lagi deh alasan pemerintah mengabaikan wilayah indah ini. Potensi kekayaan Indonesia pun bakal lebih terkelola dengan baik. Sound promising, eh?

 

Nah, bagaimana menurutmu? Kota mana yang paling cocok jadi ibukota? Atau kamu punya kandidat lain? Yuk, tulis pendapatmu di kolom komentar!

 

| Editor: Ratri Anugrah

RELATED ARTICLES

Please read the following article