Are You a Zetizen?
Show Menu

Gadget Khusus Si Kutu Buku

Narendra Mg Narendra Mg 16 Feb 2022
Gadget Khusus Si Kutu Buku

Zetizen-Buku digital atau e-book kini makin diminati. Sebab, e-book paperless dan lebih terjangkau daripada buku fisik. Namun, nggak sedikit dari para pencinta buku yang enggan beralih ke digital karena belum menemukan kenyamanan saat membaca lewat layar gadget dalam waktu yang lama. No worries! Ada gadget khusus buat kamu yang hobi baca buku, lho! It’s Kindle Amazon.

Situs jual beli elektronik online terbesar di dunia, Amazon, mengeluarkan seri gadget buat kamu si kutu buku. Kindle termasuk jenis e-reading device yang dikhususkan untuk membaca. Built-nya menggunakan teknologi layar e-ink dengan tampilan layar mirip kertas.

’’Kalau baca pakai smartphone atau laptop, kan mata suka lelah, ya. Tapi, kalau pakai kindle, nggak sama sekali. Nah, karena ini e-reading device, jadi nggak bisa dipakai untuk hal lain kecuali browsing dan baca buku,’’ tutur Febriani Alexsin, book lover pengguna kindle.

Ada tiga jenis kindle. Yakni Kindle Oasis, Kindle Voyage, dan Kindle Paperwhite. Kindle Oasis memiliki bentuk yang tipis dan ringan ketika digenggam. Baterainya tahan lama dan dilengkapi dengan tombol backward yang menambah kenyamanan penggunaan fitur. Sementara itu, Kindle Voyage memiliki sensor cahaya yang lebih adaptif, tapi lebih berat daripada Kindle Oasis. Untuk Kindle Paperwhite, dibanderol dengan harga yang lebih murah dengan fitur yang nggak jauh berbeda.

’’Penggunaannya cukup mudah. Ukurannya pas banget bisa dipegang satu tangan karena enteng dan tipis. Travel friendly!Kindle-ku yang 10th generation paperwhite itu sudah waterproof dan adjustable light. Kalau dibawa keluar dengan sinar matahari terik pun, layarnya nggak susah dilihat. Sekali charge, baterainya tahan lama banget sampai berminggu-minggu. Storage 8 gb bisa menyimpan 400 buku lebih dan itu baru terpakai 1 gb,” lanjutnya.

Range pilihan buku di kindle terbilang sangat luas. Kamu bisa mendapatkan buku di kindle dengan beberapa cara. Beli di Amazon Store, memakai paket kindle unlimited, hingga meminjam buku dari e-library. E-library di sini adalah perpustakaan yang memiliki layanan pinjaman overdrive dan resmi didukung Amazon. Kalau suka audiobook dari audible, kamu bisa mendengarkannya dengan menghubungkan kindle ke airpods.

’’Kindle juga ada built-in dictionary-nya, lho! Kalau baca buku bahasa Inggris dan ketemu kosakata yang nggak diketahui, tinggal tekan agak lama, lalu muncul deh definisinya. Selain itu, bisa meng-highlight kata-kata dan kasih note di dalamnya. Kekurangannya, nggak ada sensasi wangi buku baru atau pegang-pegang kertas fisik. Karena kindle cuma support black and white images, jadi kurang nyaman kalau dipakai baca graphic novel yang full color,’’
ungkap Febi.

Biar terlihat menarik, kamu bisa membeli casing kindle sesuai selera. Jangan lupa untuk mengeksplorasi semua fiturnya. ’’Kalau nggak nyambung ke internet, lebih baik diatur airplane mode dan matikan Bluetooth supaya hemat baterai. So far, kindle itu long-term, ya. Aku udah pakai hampir dua tahun dan worth it!” tandas Febi. Gimana nih para bookish? Buy or bye? (arm/c12/lai)

 

Aplikasi buat Baca Online

 

iPusnas perpustakaan digital besutan merupakan pemerintah yang dilengkapi dengan beberapa fitur media sosial. Kamu bisa   membaca dan membagikan informasi tentang buku itu kepada orang lain. Berbagai buku bisa dibaca secara gratis dengan batas waktu peminjaman tertentu. Kalau batasnya sudah habis, bukunya akan otomatis hilang dari rakmu.

 Amazon juga memiliki aplikasi e-book bernama Amazon Kindle. Lewat aplikasi itu, kamu bisa membaca dan membeli buku digital yang dijual   Amazon dilengkapi fitur kamus. Amazon Kindle penulisan catatan, pemberian highlight, serta integrasi dengan media sosial Goodreads. Kamu pun bisa mengubah gaya dan ukuran font, mengatur spasi baris, lebar halaman, kecerahan, hingga mode warna.

 Kalau yang satu merupakan Gramedia dalam ini bentuk digital. Kamu bisa membeli buku, majalah, tabloid, hingga koran digital secara online.   Kategorinya cukup lengkap karena telah bekerja sama dengan hampir seluruh penerbit di Indonesia. Dengan tampilan yang user-friendly, aplikasi tersebut menawarkan koleksi e-book yang up-to-date. Nggak jarang versi e-book lebih dulu terbit daripada cetaknya.

 Aplikasi dengan 4 juta judul e-book, novel grafis, komik, dan majalah. Kamu bisa mendapatkan rekomendasi bacaan berdasar kurasi   para penjual buku. Kamu juga bebas mengatur font, margin, dan spasi biar lebih nyaman saat membaca.Tersedia pula fitur bookmark, highlight, serta catatan lho(arm/c12/lai)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article