Are You a Zetizen?
Show Menu

Review Film Space Sweepers, She's Cute, But Dangerous

Narendra Mg Narendra Mg 05 Dec 2022
Review Film Space Sweepers, She's Cute, But Dangerous

Zetizen-Siapa sangka sutradara Jo Sung-hee menggunakan sosok imut Dorothy (Park Ye-rin) sebagai masalah utama. Di saat kelompok pengumpul sampah angkasa, Victory, membetulkan pesawatnya, mereka menemukan Dorothy, sosok yang dicari UTS karena dianggap berbahaya. Tae-ho (Song Joong-ki), Tiger Park (Jin Sun-kyu), Bubs (Yu Hae-jin), dan Kapten Jang (Kim Tae-ri) akhirnya menukar Dorothy dengan imbalan uang alih-alih melaporkannya ke James Sullivan, pemimpin UTS.

Di masa ini, keadaan bumi kritis sehingga sulit ditinggali. Oleh karena itu, Sullivan membangun dunia baru di luar angkasa. UTS pun menjadi penyelamat umat manusia. Penghuni bumi bekerja sebagai buruh untuk UTS. Termasuk Tae-ho dan kawan-kawannya. Kehidupan mereka menjadi rumit setelah Dorothy atau Kang Kot-nim datang. Misi penukaran Dorothy dengan uang malah berakhir menjadi misi menyelamatkan dunia.

Sebagai Film bergenre science fiction, Space Sweepers mendapat banyak perhatian. Sebab, nggak banyak Film korea seperti ini yang berhasil trending. Dengan kemudahan
streaming lewat Netflix, Film berdurasi 136 menit ini pun bisa menjangkau lebih banyak penonton. Nggak heran kalau akhirnya ada aja yang mengkritik sentuhan  mellow nya. ”Kalau ada yang kurang nyaman dengan unsur melodramanya, maaf, saya nggak memikirkan hal tersebut terlalu dalam,’’ ungkap Sung-hee seperti dilansir Soompi.]

Padahal, bagi penikmat Film Korea, mewek sampai menangis bombai adalah hal yang wajar. Sung-hee mengaku bahwa dirinya ingin memasukkan semua emosi dalam Space Sweepers. ”Mulai kebahagiaan, amarah, kesedihan, hingga semangat. Saya berusaha nggak kehilangan elemen-elemen itu dan memastikan ditampilkan dengan baik,’’ imbuhnya. Yap, Film ini berhasil membuat penonton tegang berkat aksi kejar-kejarannya, tertawa karena tingkah anggota Victory, dan terharu melihat hubungan mereka dengan Dorothy.

Thankfully, Space Sweepers melibatkan aktor dari berbagai bahasa. Hal ini membuat dunia yang dibuat lebih masuk akal. Kan nggak mungkin UTS berisi orang korea Selatan aja di saat seluruh bumi yang terancam. Bukan hanya itu, dalam misi penyelamatan dunia, Victory yang berisi orang-orang korea Selatan juga melibatkan teman-teman pengumpul sampah lain dari berbagai negara. Sayang, hal ini membuat penonton mungkin sedikit terganggu dengan aktor-aktor yang aktingnya masih kaku. They tried their best kok.

Meski Song Joong-ki, Kim Tae-ri, dan Jin Sun-kyu punya daya tarik masing-masing dengan latar belakang kehidupan karakternya yang cukup menyentuh, karakter terbaik adalah Bubs. Jika dibandingkan dengan teman-temannya, dia yang paling kaya karena rajin menabung untuk implan kulit. Cara dia bersantai di badan pesawat pun bikin iri karena sebagai robot dia nggak memerlukan oksigen untuk bernapas. Mana bisa kita bersantai tanpa tabung oksigen di ruang angkasa? Hehehe.

Buat yang masih ragu, Space Sweepers wajib banget ditonton kok. Kalau selama ini kamu pesimistis dengan kualitas Film Korea, you won’t be disappointed with this. Sinematografi dan efek visualnya nggak kalah dengan Guardians of the Galaxy. Sempat ditunda karena Covid-19, kita patut bersyukur akhirnya Space Sweepers ditayangkan di Netflix. Jadi, kamu nggak punya alasan lagi buat nonton secara ilegal. Iya kan? (rat/c12)

RELATED ARTICLES

Please read the following article