Are You a Zetizen?
Show Menu

Mustang: Angkat Isu Feminisme, Masuk Nominasi Oscar

Zetizen Zetizen 26 Feb 2016
Mustang: Angkat Isu Feminisme, Masuk Nominasi Oscar

Zetizen.com - Peraih nominasi Best Foreign Movies pada Academy Awards ke-88, Mustang (2015) berhasil mengangkat isu ketimpangan gender dengan dramatis dan apik. Digarap oleh sutradara Deniz Gamze Erguven, film Turki tersebut dirilis di negara asalnya pada 17 Juni 2015 dan di Amerika Serikat pada November 2015 lalu.

Setiap perempuan berhak menentukan pilihan hidupnya. Sayangnya, kebebasan itu tidak dirasakan oleh lima yatim bersaudara di pedalaman Turki, yakni Lale (Güneş Şensoy), Nur (Doga Zeynep Doguslu), Selma (Tuğba Sunguroğlu), Ece (Elit Iscan), dan Sonay (İlayda Akdoğan). Ketahuan bermain voli pantai dengan teman laki-lakinya, nenek mereka marah besar. Sejak saat itu, segala akses ke dunia luar dilarang. Mulai dari gadget, internet hingga sekolah.

Puncak konflik terjadi menjelang pernikahan Sonay dan Selma yang seluruhnya diatur oleh keluarga. Malam itu, Paman Erol (Ayberk Pekcan) justru memperkosa Ece hingga Ece bunuh diri. Nur juga turut menjadi korban biadab sang paman. Mereka pun berusaha kabur dari jeratan keluarga yang menyiksa.

Erguven mengangkat isu pelecehan seksual yang kerap dia dengar sejak dia kecil. “Banyak scene yang aku adopsi dari situasi nyata. Seperti saat Selma diperiksa keperawanannya tengah malam di rumah sakit hanya karena tidak berdarah di malam pertama pernikahannya. Hal seperti itu benar-benar terjadi di Turki,” jelas Erguven dilansir dari The Vogue. (msh/sam)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article