Are You a Zetizen?
Show Menu

DSLR Cinematography Indonesia: Tempat Kumpulnya Sinematografer Handal Indonesia

Fanny Kurniasari Fanny Kurniasari 27 Mar 2017
DSLR Cinematography Indonesia: Tempat Kumpulnya Sinematografer Handal Indonesia

Zetizen.com - Industri kreatif di Indonesia lagi gencar-gencarnya dikembangkan. Nggak terkecuali industri perfilman. Mulai dari film produksi besar hingga Film Pendek mulai marak dibuat. Penggiat film yang semakin banyak inilah, yang membentuk adanya komunitas-komunitas sinematografi. Salah satunya adalah Digital cinematography Indonesia atau DCI. 

DCI bukan nama yang asing lagi di dunia sinematografi. Komunitas ini dibentuk oleh Audy Erel dan Indra Yogiswara sejak tahun 2010. Hingga sekarang, DCI memiliki hampir 52 ribu anggota di seluruh Indonesia. Nggak cuma diisi yang udah profesional aja, pelajar yang punya hobi di dunia sinematografi juga boleh ikutan, loh. Kini DCI memiliki cakupan lebih luas yakni bidang videography dan cinematography. Nggak cuma diajarin bikin film, kamu juga bakal lebih tau tentang kamera, editing video, dan hal-hal yang ada dalam dunia sinematrografi. Wih!

 

Behind the scene proses pembuatan Film Pendek 4 Sessions oleh DCI (Foto: Youtube) 

 

Walaupun banyak diisi oleh orang yang profesional, tapi suasa kekeluargaan di DCI tetap terasa. Salah satunya dari Benny Kadarhariarto. Pria asal Bandung ini sudah 20 tahun lebih berada di dunia sinematografi. Walaupun berbentuk komunitas, tapi Om Benny nggak mau DCI disebut sebagai komunitas, loh. “DCI lebih senang disebut sebagai keluarga besar yang siap saling membantu. Nggak ada pertanyaan bodoh di DCI. Kalau kamu ingin berdiskusi mengenai sinematografikami 24 jam siap membantu,” ujar Om Benny.

 

Perwakilan Keluarga DCI Pekanbaru (Foto: Facebook DCI)

 

Di DCI kamu nggak sekedar diskusi aja. Tapi, kamu langsung bisa praktek ngambil gambar. “Secara teknis juga dibahas. Seperti cara mengambil gambar atau mengedit video. Semua hal yang mencakup sinematografi bisa kamu diskusikan di DCI,” ungkap Om Benny. Karya para anggota DCI udah nggak perlu diragukan lagi deh. Contohnya video timelapes dari keluarga CGI (sebutan anggota CGI), Putu Adi. Video ini menggambarkan keindahan alam Indonesia yang diambil selama 3 tahun! 

 

Walaupun diskusi lebih berpusat di grup fanpage facebook, nyatanya DCI juga sering mengadakan workshop di berbagai kota. Contohnya ketika Om Benny memberikan workshop di Zetizen After School beberapa waktu yang lalu. 

Baca juga: Yuk, Simak Rekap Keseruan Workshop Zetizen After School

Berbagai manfaat dan keseruan itulah yang membuat Muhammad Rifky Akmal, siswa SMA 5 Bandung memilih bergabung dengan DCI. Pelajar kelas 2 SMA yang pernah meraih juara 2 Festival Film Surabaya ini, mengungkapkan dirinya merasa bangga menjadi bagian keluarga besar DCI. “DCI menjadi tempat berkumpulnya orang-orang hebat dalam bidang perfilman di Indonesia. Ilmu yang aku dapat di DCI nggak hanya dari segi teknis aja. Non-teknis seperti etika sebagai sinematografer dan etika bekerjasama dengan client juga aku dapatkan disini,” ujarnya.

FYI, buat kamu yang mau ikutan join, kamu bisa buka fanspage mereka di Facebook DSLR cinematography Indonesia. Setelah itu, kamu langsung bisa gabung disetiap perkumpulan DCI yang diadakan di kota maisng-masing. So, keep sharing, keep learning and keep growing!

 

Written by: Qatrunnada Rahmatika

Edited by: Fanny Kurniasari

RELATED ARTICLES

Please read the following article