Are You a Zetizen?
Show Menu

Dari Hobi Jadi Profesi

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 30 Jan 2023
Dari Hobi Jadi Profesi

Zetizen-Saat ini bermain games nggak hanya jadi kegiatan pengisi waktu luang. Kamu bisa mengasah kemampuanmu hingga menjadi professional gamer, lho. Pekerjaan yang identik dengan kaum milenial ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Terlebih e-sport sudah diakui dan didukung pemerintah, bahkan e-sport telah masuk cabang olaahraga di SEA Games. Kali ini Zetizen berkesempatan untuk ngobrol dengan Michelle Denise Siswanto, MLBB player Belletrone, bagian dari bigetron Esports. Yuk kita simak wawancaranya!

A : Menurutku, professional gamer adalah bidang pekerjaan baru yang menjanjikan dan berpenghasilan cukup tinggi. Sumber penghasilannya bisa dari banyak hal seperti gaji tetap manajemen, prize pool tournament, endorsement, dan juga live streaming gaming. Yang membuat professional gamer ini menarik adalah kita bisa bekerja sesuai dengan passion kita. Apalagi, bagi anak muda zaman sekarang yang pasti kebanyakan suka main game, jadi lebih enjoy sewaktu bekerja.

A : Awalnya aku main sekadar hobi. Ketika merasa skill sudah cukup oke, aku iseng coba bikin team dan ikut turnamen kecil. Nah, waktu skill semakin berkembang, aku di-scout tim besar dan ditawari untuk melakukan trial. Selama 3 bulan terakhir ini, ada sekitar 5 turnamen yang aku ikuti, thankfully, tim aku bisa memenangkan semua turnamennya. Saat ini kami lagi berusaha mempertahankan gelar juara karena konsistensi itu bukan hal yang mudah.

A : Untuk menjadi pro player, dibutuhkan latihan keras berjam-jam untuk improve skill individu dan juga chemistry dengan team mates. Sering-sering nonton team lain buat belajar game play mereka. Kalau di Mobile Legend, ada yang namanya micro dan macro. Kalau micro itu kemampuan kita untuk mengendalikan hero, sedangkan macro merupakan pemahaman tentang game secara keseluruhan. Ketika bermain dengan tim, butuh rasa percaya dan komunikasi agar informasi tersampaikan dengan baik.

Games PC lebih rumit karena menggunakan keyboard dan mouse, kalau games handphone controlling-nya jauh lebih mudah karena menggunakan analog. Untuk tools sendiri, games handphone dan PC tentunya berbeda. Hal ini juga bergantung dengan game yang dimainkan. Pastinya butuh device yang memadai dan koneksi internet yang cepat serta stabil.

A : Aku sering menerima opini dari orang-orang yang meremehkan e-sport. Banyak banget yang nge-judge karena mengira main game ini mudah dan nggak berguna. Hal ini biasanya karena belum mengenal seluk-beluk dunia e-sport. Kalau menurutku pribadi, cara merespons opini itu dengan membuktikan kesuksesanku aja, hehe.

Dukungan dari orang tua adalah hal yang paling penting menurutku. Memang kebanyakan orang tua tidak memberikan izin karena mereka belum tahu seberapa berkembangnya dunia professional gamer di Indonesia. Orang tuaku sendiri juga awalnya melarang, tetapi komunikasi adalah kunci yang penting. Untuk meyakinkan orang tua, aku sering sharing dan ceritakan tentang orang-orang yang sukses sebagai professional gamer dan membuktikan prestasiku juga.

Wah, menarik juga jadi professional gamer, ya! Kalau tertarik untuk jadi professional gamer, kamu bisa sering-sering berlatih agar semakin mahir. Eitss, tetap ingat untuk istirahat dan bagi waktu buat belajar, ya! (elv/c12/lai)

Cari Tahu Pekerjaan Seru Lainnya

PROFESI di industri games semakin banyak seiring games yang terus berkembang. Buat kamu yang gemar nge-game dan passionate di dunia games, nggak ada salahnya untuk terus berlatih mengasah skill bermainmu. Sebab, hobimu bisa menghasilkan uang, lho. Berikut macam-macam pekerjaan yang membutuhkan passion di bidang gaming. (elv/c12/lai)

GAME TESTER

Game tester biasanya bertanggung jawab untuk mencoba game dan mengecek berbagai aspek dari game tersebut. Biasanya, game tester akan mengecek adanya bug, apakah game-nya menyenangkan, dan bagaimana jalan ceritanya. Kalau kamu memiliki sedikit pengetahuan programming dan game design, pekerjaan ini cocok untuk kamu. Kapan lagi bisa cobain game baru dan dibayar pula!

GAME DEVELOPER

Seorang g a m e developer bekerja menciptakan video game. Area cakupannya sendiri cukup luas, mulai pembuatan audio, desain grafis, seni visual, hingga produksi aplikasi. Meski membuat game nggak mudah, rasanya tentu senang sekali kalau bisa menciptakan game yang dimainkan banyak orang.

GAMING JOURNALIST

Pekerjaan ini merupakan bidang jurnalistik yang perannya penting di dunia game. Biasanya jurnalis akan me-review game, bahkan mencoba game-nya secara langsung. Nah, ini alasannya jurnalis gaming wajib mengerti game agar tulisannya tidak aneh atau terkesan seperti hasil translate.

RELATED ARTICLES

Please read the following article