Are You a Zetizen?
Show Menu

TAKE YOUR TIME DURING PPKM

Narendra Mg Narendra Mg 01 Feb 2023
TAKE YOUR TIME DURING PPKM

Zetizen-Selama kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa–Bali berlangsung, sebaiknya kurangi mobilitas di luar rumah dan stay at home. Tentu, nggak bisa ke mana-mana sangatlah menjenuhkan. Namun, ada banyak hal yang bisa dilakukan selama di rumah aja, lho. Well, Zetizen punya beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan saat PPKM. Let’s do it! (arm/c12/lai)

Rawat Peliharaanmu

Selain menemanimu, mempunyai peliharaan juga membuatmu banyak beraktivitas untuk merawatnya. So, semakin banyak bergerak, tubuhmu semakin terhindar dari penyakit. Peliharaan nggak cuma hewan dan tanaman, lho. Kamu bisa merawat bakteri sebagai peliharaan anti-mainstream! Bakteri yang bisa dipelihara ini adalah bakteri Acetobacter xylinum yang biasanya terdapat pada teh kombucha. Kalau kamu tertarik untuk merawat bakteri, kamu bisa mempelajarinya lewat akun TikTok @ivyaw.

Cerahkan Pikiran dengan Baca Buku

Reading takes you in another world! Saat membaca buku, kamu ditantang untuk berpikir dan menciptakan duniamu sendiri sesuai dengan imajinasi. Nggak heran kalau membaca buku punya banyak manfaat. Selain buku ilmiah, kamu bisa membaca novel/ komik juga. Coba cek rak bukumu, siapa tahu ada buku yang bungkusnya belum dibuka! Well, kalau masih bingung, kamu bisa lihat kanal YouTube Indahnurbaeti atau akun TikTok @yogaffmaulana yang suka mengulas berbagai jenis buku.

Belajar Bahasa Asing

Dalam dunia modern seperti sekarang, bahasa asing merupakan salah satu hal yang penting dalam komunikasi. Melalui bahasa asing, kamu dapat memahami apa yang dimaksud seseorang dan dapat dikatakan kalau kamu mampu menguasai dunia. Di sisi lain, belajar bahasa telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif. Nggak perlu khawatir karena harus mengeluarkan biaya. Sebab, sekarang banyak platform yang memberikan materi bahasa asing secara gratis seperti akun TikTok @lingotalk.co.

Mendekorasi Kamar

Bosan dengan suasana kamar yang gitu-gitu aja? It’s time for decorate your room! Singkirkan barang-barang yang nggak terpakai dan batasi benda yang mau ditempatkan di kamar. Kemudian, cat ulang dengan warna-warna yang dingin dan soft. Biar makin rileks, kamu bisa menambahkan aroma terapi. Kegiatan ini cukup menyenangkan sekaligus bisa memberikan nuansa baru di kamarmu. Sebagai referensi, kamu bisa cek akun YouTube@tiranissya untuk tips seputar home decor yang estetis.

Tetap produktif di Rumah Aja 

Bikin Podcast dan Baca Buku Tiap Hari

Selama PPKM, aku banyak cari kegiatan. Mulai baca buku, bikin podcast, dan jadi content writer di satu organisasi. Aku selalu targetin sehari minimal 100 halaman dengan genre apa pun. Untuk podcast, aku mulai membuatnya sejak Desember tahun lalu dengan bercerita tentang pengalamanku seperti masalah pertemanan dan cerita kegagalan SBMPTN. Terus-terusan di rumah memang nggak enak, tapi kita hanya akan memperparah situasi kalau mentingin ego sendiri. Lagian, masih banyak kok kegiatan yang bisa kita lakukan meski di rumah.

Cari Pengalaman Sebanyak-banyaknya

Karena dari awal PPKM kuliahku sudah libur, jadi kegiatanku sekarang menuntaskan program kerja organisasi dan ikut pelatihan dari kampus. Akhir-akhir ini aku juga lagi coba mendaftar kampus mengajar untuk menambah wawasan dan pengalaman. Saking banyaknya kegiatan, kadang aku jadi pusing sendiri dan bolos mengikuti pelatihan karena jadwal yang bertabrakan. Supaya nggak stres, biasanya aku nonton film sebagai hiburan. pandemi belum berakhir, jadi sayangi diri sendiri dan keluarga dengan tetap di rumah aja, ya!

Bisa Fokus Kejar Target 

Fokus kegiatanku selama PPKM ini ada tiga. Organisasi, lomba/pelatihan, dan jadi freelancer jasa desain. Dalam sebulan, minimal aku ikut tiga lomba dengan target satu lomba itu dapat juara. Kadang kalau ada jadwal yang sama antara rapat dan pelatihan, aku akan pakai dua perangkat biar bisa ikut dua-duanya. Secara nggak langsung aku jadi lebih produktif karena bisa multitasking ikut kegiatan ini dan itu dalam waktu yang bersamaan melalui media virtual. (arm/c12/lai)

RELATED ARTICLES

Please read the following article