Are You a Zetizen?
Show Menu

6 Negara Tanpa Malam Hari, Matahari Bersinar Hampir 24 jam

Septiani Putri Septiani Putri 02 Jan 2024
6 Negara Tanpa Malam Hari, Matahari Bersinar Hampir 24 jam

 

 

Negara-tanpa-malam-hari

 

Zetizen- Tahukah kalian terdapat sebuah peristiwa fenomena alam yang disebut dengan midnight sun, lalu apa sih pengertian dari Midnight Sun itu sendiri? Jadi, Midnight Sun adalah peristiwa alam yang mana matahari akan terlihat sepanjang siang dan malam. fenomena alam ini hanya terjadi pada bulan-bulan musim panas di Utara lingkar Arktik dan dibagian Selatan lingkar Antartika. Midnight sun sendiri bisa terjadi karena disebabkan oleh kemiringan garis ekuator sebesar 23,4 derajat. Karena kemiringan ini, salah satu kutub bumi akan miring ke arah Matahari.

Umumnya bumi akan berputar selama 24 jam dalam sehari dan normalnya setiap negara pasti mengalami siang dan malam sebagai tanda pengukur kegiatan sehari-hari, seperti siang untuk kita melaksanakan kegiatan aktivitas bekerja dan malam kita gunakan untuk beristirahat tidur. Namun terdapat beberapa negara yang waktu siangnya lebih lama dari waktu malam nya lho!,,,

Berikut ini adalah daftar 6 negara yang mengalami fenomena Midnight sun :

 

1. Norwegia  (Hammerfest dan Tromso)

Hammerfest

 

Kota Hammerfest telah dinyatakan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia, karena menjadi bagian dari busur Geodesi Struve. Kota paling utara di dunia ini memiliki suasana yang mengagumkan di teluk melengkung, dikelilingi oleh lahan kering Akritik yang tandus, pegunungan, dan saluran air. Hammerfest juga salah satu kota tertua di Norwegia Utara dengan populasi sekitar 8000 orang. Kota ini mempunyai siang selama 34 jam ketika sudah memasuki bulan Mei sampai akhir Juli.

Selain kota Hammerfest, Salah satu kota yang dijuluki sebagai Midnight Sun yang lain ini adalah kota Tromso. Tromso juga menjadi kota yang mengalami hari tanpa adanya matahari saat musim panas berlangsung. Situasi ini bahkan bisa berlangsung sekitar 4 bulan lamanya sehingga membuat para wisatawan tertarik dan penasaran untuk mengunjungi beberapa kota di Norwegia ini.

 

2. Swedia (Lapland)

Swedish-Lapland-Holidays

 

Wilayah Lapland merupakan bagian paling utara Swedia, di tengah malam matahari akan tetap terlihat selama hampir 60 hari dari 27 Mei-18 Juli. Selama musim panas berlangsung, orang Lapland jadi kesulitan tidur karena matahari terus bersinar terang diluar meskipun jam sudah menunjukan pukul 12 lewat tengah malam. Karena itu menguntungkan para penjual tirai penghalang matahari menjadi laku keras.

Lapland juga cocok loh dibuat menjadi destinasi pariwisata yang bisa memanjakan mata para pengunjungnya, di Lapland kita juga bisa melihat cahaya aurora di malam hari saat musim dingin. Pemandangan disana sangat bagus cocok juga untuk menjadi list ketika musim liburan sudah tiba.

Selain Lapland, juga ada kota Abisko dan Jokkmokk yang menjadi tempat terbaik untuk melihat matahari tengah malam di Swedia.

 

3. Islandia 

Negara-Islandia

 

Ketika musim panas sudah tiba, malam hari di Islandia justru terlihat cerah dan bersih, khususnya pada bulan Juni matahari tak pernah tenggelam disana. Matahari di tengah Islandia dapat terlihat hampir sepanjang hari, dan terkadang suasana akan tetap cerah setelah matahari terbenam hingga matahari terbit sekitar 3-4 jam kemudian.

Durasi bersinarnya matahari bisa meningkat mulai dari 18 jam hingga 20 jam pada bulan Mei, lalu dapat mencapai puncaknya 20-21 jam pada bulan juni sebelum berkurang secara bertahap pada bulan Juli hingga Agustus di mana matahari akan terlihat antara 18-14 jam.

 

4. Finlandia

Helsinki-Finlandia

 

Di Finlandia, matahari terus bersinar selama kurang lebih 73 hari. Sedangkan pada saat musim dingin, wilayah ini tidak dapat mendapatkan banyak sinar matahari. Banyak yang mengatakan orang Finlandi akan kurang tidur di musim panas, dan akan lebih banyak tidur di musim dingin.

Adapun kepercayaan kuno yang banyak populer disana terkait dengan Midnight Sun, disana di katakan jika seorang gadis muda bisa mengumpulkan 7 bunga di bawah bantalnya pada pertengahan musim panas, hari terpanjang dalam setahun, dan calon tunangannya akan muncul di dalam mimpinya. 

 

5. Alaska

Negara-Alaska

 

Alaska berlokasi di bagian paling utara di daratan Amerika Serikat. Negara ini juga tak memperoleh waktu malam selama lebih dari 70 hari. Matahari akan terus berada di langit saat pertengahan April hingga Agustus setiap tahunnya.

Ada juga tempat terbaik untuk mengalami fenomena alam ini di Alaska yakni Fairbanks, yang menyediakan perusahaan tur yang beroperasi di Fairbanks dan menawarkan paket wisata Midnight Sun di Lingkaran Arktik dan sekitarnya. 

 

6. Greenland

Greenland-Pulau-Raksasa

 

Greenland, tepatnya yang berada di Qaanaaq yang merupakan kota paling utara disana. Di kota ini matahari tak pernah terbenam sejak akhir Mei sampai dengan akhir Juli. Sinar hangat yang berasal dari matahari dataran rendah yang membuat pemandangan di sekitarnya tampak seperti mimpi, Gunung es dan puncak bukit yang bermandikan warna merah muda, ungu, kuning dan merah.

 

Berikut merupakan daftar nama-nama negara yang nyaris tak pernah malam hari.

Bagaimana?? tertarik untuk mengunjunginyaa???

RELATED ARTICLES

Please read the following article