Are You a Zetizen?
Show Menu

STUDY DESK ORGANIZING 101

Narendra Mg Narendra Mg 05 Jan 2023
STUDY DESK ORGANIZING 101

Zetizen-Punya meja belajar yang teratur dan tertata rapi mungkin jadi faktor penunjang semangat belajarmu. Karena meja belajar bakal jadi teman sehari[1]hari saat bersekolah atau berkuliah, pasti penting menata meja belajarmu agar nyaman untuk kamu pakai. Nggak perlu bingung harus mulai dari mana karena Zetizen punya rangkumannya! (c20/kch)

LETAKKAN ALAT TULIS SECUKUPNYA

Buat kamu yang sebenarnya cuma butuh modal bolpoin atau pensil di setiap pelajaran, tentunya kamu nggak perlu menaruh terlalu banyak alat tulis di atas meja belajarmu karena hal tersebut bakal bikin meja kamu lebih terlihat ramai dan berantakan. Alih-alih menggunakan tempat pensil, coba kamu tata meja belajarmu dengan 1–2 alat tulis saja yang hampir pasti kamu pakai.

COLOKAN: CHECK!

Nggak mau kan kalau kamu harus jauh-jauh ke sisi lain kamar cuma buat nge-charge HP atau laptop? Nah, punya colokan yang dekat dengan meja belajar bisa jadi salah satu kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Oh iya, sebagai tip tambahan, coba sembunyikan kabel-kabel yang kamu pakai agar meja belajarmu tidak terlihat berantakan.

TAMBAHKAN PERNAK-PERNIK

Agar menambah semangat belajarmu, kamu bisa melengkapi lingkungan sekitar meja belajar dengan pernak-pernik kecil yang bisa membantu pikiranmu lebih fokus dan fresh. Misalnya, tanaman hias atau pajangan foto-foto ala polaroid. Selain menambah keindahan meja belajarmu, barang-barang semacam ini pasti bisa membuat kamu lebih semangat dan nyaman menghabiskan waktu di meja belajar.

SUSUN BUKUMU

Materi-materi pelajaran tentu akrab dengan yang namanya buku. Baik buku catatan, buku paket, maupun binder yang serbalengkap. Nah, agar meja belajarmu terlihat rapi, coba susun dan atur bukumu agar berada dalam posisi berdiri. Gunakan book holder atau book stand agar bukumu dapat ditata dalam posisi tegak. Untuk menambah keindahan, kamu juga bisa mengurutkannya berdasar warna atau tinggi buku.

Zetizen-Lingkungan belajar pasti punya dampak langsung pada kenyamanan dan keefektifan belajar kita. Nggak terkecuali meja belajar, nih. Banyak yang merasa, punya meja belajar yang tersusun rapi bakal membantu mereka dalam mencerna materi-materi yang dipelajari. Hmm, gimana kata Zetizen? Ini pengalaman mereka! (c20/kch)

Kalau aku sih lebih nyaman dengan meja belajar yang ala kadarnya alias nggak rapi-rapi banget. Pernah waktu itu meja belajarku dirapiin, aku jadi bingung sendiri cari barang-barang yang aku butuhkan. Akhirnya, mood jadi berantakan dan nggak jadi belajar. Bagi aku, kerapian meja belajar nggak seberapa penting kalau kamu sudah tahu di mana letak barang[1]barang yang bakal kamu butuhin buat kerjain tugas atau belajar.’’

Sebelum belajar, aku sebisa mungkin menyempatkan waktu buat beres-beresin meja belajarku karena aku tahu dampaknya cukup besar buat konsentrasi dan fokusku selama belajar. Yang paling utama, meja belajar yang rapi bakal bikin mood balik lagi. Apalagi ditambah dengan hiasan di dinding yang sesuai dengan selera kita. Nah, kalau betah belajar lama dan efektif, tentunya bisa bikin prestasi aku makin meningkat.’’

Aku baru mulai coba buat selalu ngerapiin meja belajarku sejak kuliah, sih. Biasanya, aku ngerapiin meja itu dengan menyusun barang-barang. Mulai dari tempat pena-pena sampai di mana tempat laptop dibuka supaya nyaman dilihat dan nggak mengganggu aku waktu baca buku. Menurutku, dengan menata meja belajarku sedemikian rupa, aku jadi lebih gampang fokus dan berkonsentrasi.’’

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article