Are You a Zetizen?
Show Menu

I'm in Love with Fictional Character

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 12 Dec 2022
I'm in Love with Fictional Character

Zetizen-Adakah di antara kalian yang pernah mengagumi karakter fiksi? Biasanya, karakter yang ditunjukkan dalam film, drama, hingga kartun mempunyai perwujudan fisik maupun sifat yang begitu sempurna dan tak jarang bisa membuat seseorang begitu tergila-gila dengan keberadaannya. Ternyata, ada istilah psikologisnya loh untuk itu, yakni fictiophillia. Seperti apa maksud istilah ini? Simak bareng Zetizen yuk! (c20/mel)

Fictiophillia berarti seseorang memiliki ketertarikan terhadap karakter fiksional, baik perempuan maupun laki-laki. Belum diketahui pasti asal-usul kata ini. Namun, dilansir dari Urban Dictionary, fictiophillia biasanya merujuk pada aktivitas yang dilakukan seorang fanboy atau fangirl yang sedang mabuk kepayang terhadap sebuah karakter. Karakter-karakter ini bisa saja berwujud 2D seperti di kartun atau anime maupun manusia yang biasanya memerankan tokoh tertentu dalam sebuah film atau drama.

Perasaan ini bisa muncul tanpa alasan yang jelas. Bisa saja seseorang tertarik dengan karakter tersebut karena fisiknya menawan atau sikapnya mampu meluluhkan hati. ’’Ketertarikan ini setara dengan ketertarikan seorang manusia terhadap lawan jenisnya. Namun, yang membedakan, kita juga mengikutsertakan imajinasi dalam pikiran karena karakter-karakter ini hanya tokoh fiksi,’’ tutur Hananti Amara, psikolog remaja dari Universitas Widya Kartika. Imajinasi yang berpadu dengan emosional seseorang bisa menjadikan perasaan ini lebih hidup. Namun, itu akan berbahaya kalau seseorang sampai tidak bisa membedakan interaksi di dunia nyata dengan imajinasi fiksi yang tengah terbentuk.

Itu bisa dilihat dari pengalaman seorang Zetizen yang pernah dimabuk cinta dengan salah satu tokoh di Lord of The Rings. Dia mengaku pernah mendapatkan pengalaman pahit dari dunia nyata yang membuatnya sempat enggan berhubungan dengan orang lain. ’’Dari situ, aku merasa tertekan karena selalu ingat pengalaman pahit yang kualami. Akhirnya, aku lebih memilih mengobati diri dengan maraton film dan bener-bener dibuat jatuh cinta sama salah satu karakternya. Bahkan, aku rela membeli aksesori yang sama seperti tokoh tersebut biar kami terlihat lebih serasi,’’ ungkap RW (inisial), pelajar asal Bogor. Beruntung, RW tidak sampai benar-benar kehilangan hasrat untuk menyukai manusia asli seperti Akihiko Kondo, pria asal Jepang yang menikahi hologram dari Hatsune Miku.

Dilansir dari Asian Boss, Akihiko mengaku jatuh cinta dengan Miku hingga akhirnya memutuskan menikahinya. Bahkan, dia juga meminta sertifikat pernikahan resmi dari perusahaan hologram yang memproduksi Miku. Gokil! ’’Hal-hal seperti ini memang nggak bisa dihindari. Apalagi, anak muda zaman sekarang juga diberi fasilitas yang mudah untuk mengakses hiburan seperti film. Sarannya sih, supaya nggak jatuh terlalu dalam, tetap memiliki kehidupan sosial yang sehat, banyak berinteraksi dengan teman, dan tentu tetap melakukan kegiatan produktif di sekolah maupun di luar,’’ jelas Hananti. Well, amaze sama suatu karakter boleh, tetapi tetap ada batasnya ya!

Kalau disuruh memilih karakter favorit dari sebuah film atau kartun, hmmm pasti bingung bukan main. Bisa saja kita lebih tertarik dengan karakter utama atau justru villain yang biasanya lebih atraktif. Dari hasil polling yang berhasil Zetizen kumpulkan, berikut Zetizen rangkum tiga karakter terfavorit pembaca. Baik dari film maupun kartun. Ada favoritmu nggak di sini? (c20/mel)

Male Character: Spider-Man - (19%)

Siapa yang nggak tahu karakter yang khas dengan kostum laba-laba berwarna merah ini? Salah satu karakter dari Marvel Cinematic Universe ini kali pertama debut di film Spider-Man yang rilis pada 2002. Singkatnya, film ini bercerita tentang seorang anak yatim piatu bernama Peter Parker yang mendapatkan kekuatan super untuk berubah menjadi manusia laba-laba setelah digigit seekor laba-laba radioaktif. Karakter ini pernah diperankan Tobey Maguire, Andrew Garfield, hingga Tom Holland, mana yang jadi Spider-Man favoritmu?

Female Character: Katniss Everdeen emale Character: Katniss Everdeen - The Hunger Games (31%)

Tokoh utama dalam trilogi The Hunger Games ini memang berhasil bikin penonton langsung jatuh cinta. Diperankan Jennifer Lawrence, Katniss adalah seseorang yang pemberani, independen, dan ahli dalam strategi. Dia merupakan seorang perempuan yang tangguh dan bisa jadi inspirasi bagi penonton.

Animation Character: Jack Frost - Rise of The Guardians (25%)

Karakter yang satu ini bisa dibilang favorit para kaum hawa. Sesuai namanya, Frost merupakan representasi dari musim dingin. Frost berubah jadi memiliki rambut putih dan mata biru setelah mendapat takdirnya sebagai seorang yang immortal.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article