Are You a Zetizen?
Show Menu

Keep Private, Not Secret

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 14 Jan 2020
Keep Private, Not Secret

Zetizen-Punya hubungan hubungan nggak selamanya harus ggak selamanya harus diumbar biar dicap punya iumbar biar dicap punya Relationship Goals elationship goalsseperti di media seperti di media sosial. Justru dari hubungan yang osial. Justru dari hubungan yang mengedepankan privasi, kalian akan engedepankan privasi, kalian akan lebih menghargai dan memiliki waktu ebih menghargai dan memiliki waktu untuk menghabiskan ntuk menghabiskan quality time uality time berdua. Seperti apa sih erdua. Seperti apa sih private relationship elationshipyang sehat itu? Simak yang sehat itu? Simak yuk, penjelasan berikut! uk, penjelasan berikut! (c20/mel)

Pasti kalian udah dengar dong soal hubungan Isyana Sarasvati dengan sang kekasih, Rayhan Maditra, yang ternyata udah pacaran selama 12 tahun sejak SMP. Keduanya tiba-tiba muncul untuk mengumumkan pertunangan yang akan berlanjut ke jenjang pernikahan. Netizen bilang sih ini kayak ’’nggak ada angin nggak ada hujan’’ eh tiba-tiba muncul berita begitu aja. Mulai deh banyak spekulasi dan thread yang membahas soal gaya pacaran Isyana dan Rayhan ini.

Model pacaran yang mereka lakukan bukan versi pacaran diam-diam atau backstreet, tapi lebih ke private relationship. ’’Model hubungan ini melihat bagaimana dua individu saling berkomitmen untuk pacaran tanpa mengutamakan perkataan orang lain terhadap hubungan mereka,’’ tutur Diana Yorita, ahli psikolog klinis dan seksual. ’’Biasanya hanya orang-orang sekitar dan terdekat yang tahu mereka berpacaran, sedangkan orang lain tidak terlalu tahu dan bahkan tidak tertarik mencampuri urusan mereka karena gaya berpacaran cenderung tertutup,’’ lanjutnya.

Menjalin hubungan secara private tidak selalu harus membuatnya seolah rahasia dan diam-diam. Yang terpenting, keduanya berkomitmen untuk lebih mengutamakan privasi hubungan mereka tanpa mengumbarnya. Lantas, bisa nggak sih gaya pacaran ini menyenangkan untuk dilakukan? Nih, Diana Yorita punya sedikit tip buat kalian yang mau mencoba gaya berpacaran ala private relationship ini!

1. FILTER MEDIA SOSIAL

Mengejar validasi dan pengakuan dari orang lain ketika pacaran adalah hal umum. Dengan mengurangi penggunaan media sosial, kalian bisa lebih fokus membangun chemistry dengan pacar, bukan demi pengakuan dari orang lain. Dengan memfilter media sosial, kita juga bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk quality time berdua.

2. SALING JAGA PRIVASI

Dalam hal ini, bukan berarti kalian harus merahasiakan hubungan, tapi menjaga privasi dan nggak melulu bicara tentang doi. Selain mengurangi timbulnya bucin, kalian bisa menghargai waktu dan kepentingan yang dimiliki masing-masing. Well, it’s a healthy relationship!

3. STAY LOW

Biarkan orang lain tahu tentang hubunganmu tentu untuk menghindari doi selingkuh atau sebaliknya. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan. Misalnya, dengan menunjukkannya lewat percakapan kecil dengan teman. Biarkan orang lain cukup tahu kamu berpacaran dengan siapa tanpa tau lebih lanjut tentang kehidupan berpacaran kalian.

Their Stories

DI era yang semakin dimanjakan media sosial, tentu susah kalau belum update apa pun yang berhubungan dengan kehidupan kita. Entah saat traveling, makan, atau pacaran. Tapi, nggak semua orang mendewakan publisitas. Beberapa di antara mereka justru punya pengalaman lebih dari private relationship yang mereka jalani. Cerita mereka kayak gimana ya? (c20/mel)

Aku bukan tipe anak yang suka update di media sosial, jadi nggak pernah tuh upload apa pun soal pacar. Tapi, orang-orang terdekat kayak sahabat dan temanku tahu kok kalau aku pacaran. Aku juga nggak sering update masalah hubungan di media sosial. Misalnya, kasih-kasih quotes galau atau sejenisnya yang malah kelihatan childish. Enaknya, benar-benar yang jalanin hubungan tuh ya cuma kita dan minim intervensi dari orang luar. Selain itu, ini juga jadi ajang pendewasaan diri karena menyelesaikan masalah dengan didiskusikan berdua.

Bonus tip: Dari awal bikin komitmen kalau memang nggak mau umbar hubungan di media sosial. Itu harus dari dua pihak biar sama-sama ngerti dan nggak ada yang merasa dirugikan.

Pernah pacaran model backstreet dulu dan rasanya nggak enak aja sih pacaran diam-diam. Waktu itu emang aku nggak mau nyakitin perasaan temanku yang memang suka sama cewek yang aku ajak hubungan backstreet ini. Tapi, karena merasa tertekan, akhirnya aku memutuskan go public ke teman-teman terdekat bahwa aku pacaran sama doi. Ternyata private relationship ini jauh lebih sehat dan produktif karena jadi nggak pusing mikir perkataan orang-orang. Meski kita nggak pernah upload foto di media sosial, aku dan doi sering simpan foto-foto polaroid buat kenangan berdua.

Bonus tip: Kalau pacaran, ya let it flow aja sih. Nggak harus diam-diam kayak takut ketahuan gitu. Pastikan orang terdekat kayak teman tahu hubungan kalian buat menghindari saling tikung, hehe.

RELATED ARTICLES

Please read the following article