Are You a Zetizen?
Show Menu

Stitch the Needle It's Hand embroidery Time!

Narendra Mg Narendra Mg 18 Jan 2023
Stitch the Needle It's Hand embroidery Time!

Zetizen-Melakukan kegiatan seni pada saat waktu luang dinilai ampuh untuk membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks. Salah satu kegiatan seni dan kreatif yang bisa kamu lakukan di rumah adalah hand embroidery atau sulaman tangan. Hobi yang identik dengan aktivitas menyulam dengan jenis tusukan yang beragam ini bisa jadi salah satu sarana untuk melepas penat saat waktu luang.

Keterampilan untuk menyulam sendiri bisa dibilang masih kurang diminati anak muda, terlebih karena teknik menyulam memang membutuhkan beberapa skill dan kesabaran yang tinggi ketika melakukannya. Namun, hal ini tidak menyurutkan Maya Monica, founder dari Hoopies Art, untuk menekuni hobi dan passion-nya melakukan hand embroidery. Melalui akun Instagram @hoopiesart, Maya membagikan beberapa kreasi hand embroidery yang dibuatnya.

”Kali pertama kenal hand embroidery ini saat duduk di bangku kelas V SD saat mata pelajaran kesenian. Lama-lama saya makin tertarik karena hand embroidery ini berhubungan dengan kreativitas dan bermain dengan warna. Tantangan yang didapat ketika menyulam sendiri juga berbeda, saya ditantang untuk bisa menggambar dan mewarnai dengan menggunakan medium kain dan benang,’’ tutur Monica. Selain untuk mengasah kreativitas, hand embroidery memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental kita, lho.

Dilansir dari Crewelwork, kegiatan hand embroidery bisa membantu seseorang untuk lebih fokus pada pekerjaan yang tengah dilakukan. Hal itu dijelaskan psikolog Emma Kenny, melatih fokus saat menyulam bisa menghindari seseorang untuk mudah terdistraksi dengan kegiatan lain yang bisa membuat pikiran menjadi tertekan dan depresi. menyulam dengan tangan juga membantu seseorang untuk bisa lebih sabar dalam menjalankan suatu proses secara bertahap dan tidak terburu-buru di tengah kehidupan yang terlalu menuntut kecepatan.

Di Indonesia, hand embroidery ini memang belum terlalu diminati karena stigma yang melekat pada aktivitas menyulam di mana orang harus terlatih dan mempunyai skill khusus untuk menguasainya. ”Apalagi, di era modern ini kan sudah banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan teknologi. Jadi, semakin sulit untuk memperkenalkan hand embroidery ini ke masyarakat umum,’’ ungkap Maya. Karena itulah, Maya memiliki strategi tersendiri untuk bisa menarik minat orang-orang agar tertarik dengan hand embroidery, yakni dengan membuat kreasi sulam yang menarik secara visual dengan paduan warna yang cantik ketika dilihat. Buat kamu yang masih ragu untuk mencoba hand embroidery, nggak ada salahnya untuk belajar pelan-pelan dari nol dan menjadikan aktivitas ini sebagai pelepas penat di kala waktu luang. (c12/mel)

Menyulam Untuk Pemula

MAU mencoba melakukan hand embroider, tapi masih ragu karena belum punya pengalaman? Don’t worry! Karena step dan tip dari Maya Monica, founder Hoopies Art, berikut bisa langsung kamu aplikasikan di rumah buat kamu para pemula yang ingin belajar menyulam dengan tangan. So, what are you waiting for? Prepare the tools and follow the steps! (c12/mel)

Alat dan bahan:

  • Embroidery hoop/midangan
  • Gunting (bisa memakai gunting apa saja yang runcing)
  • Kain
  • Benang sulam
  • Jarum sulam
  • Pensil/marker, untuk menggambar pattern
  • Transfer paper/kertas karbon jahit

Tip dan Trik:

Kain belacu, 100% katun, linen, dan kanvas adalah pilihan jenis kain yang tepat untuk pemula karena kain tersebut mudah untuk disulam.

Midangan/embroidery hoop tersedia dengan beberapa macam ukuran dan material. Maya biasanya menggunakan midangan dari kayu dan plastik.

Jarum sulam adalah jarum yang memiliki lubang besar dan berujung runcing (ada jarum yang ujungnya tumpul, tapi itu untuk kristik, bukan sulam). Pastikan memilih jenis jarum yang tepat untuk mempermudah penyulaman.

Langkah:

  1. Siapkan mood yang baik dan tempat yang nyaman. Ini sangat penting untuk membantu kita bisa lebih fokus dan tenang saat menyulam.
  2. Mulai dengan menggambar sketsa desain yang ingin kamu buat di atas sebuah kertas.
  3. Setelah selesai menggambar, transfer gambar tadi di atas kain menggunakan kertas karbon jahit.
  4. Pasang kain menggunakan hoop (midangan). Pastikan kamu sudah mengatur midangan dengan tepat agar tidak tergeser saat proses menyulam.
  5. Mulai menyulam dengan teknik tusukan yang kamu kuasai. Jenis teknik dalam menyulam ini bervariasi, kamu bisa pilih dengan menggunakan kombinasi tusukan dalam satu sulaman atau menggunakan tambahan media seni lain untuk mempercantik hasil sulaman.

Enam Rekomendasi Online Shop buat Kamu yang Ingin Belajar Sulaman Tangan

DI era serba-online ini, untuk mendapatkan hand embroidery kit tidak menjadi suatu hal yang susah. Online shop menjadi alternatif bagi kamu yang malas buat belanja di mal. Nih, rekomendasi online shop hand embroidery kit yang tepercaya dan nggak bikin kantong kamu jebol.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article