Are You a Zetizen?
Show Menu

Ini Dia 5 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Remmu Blong

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 26 Apr 2017
Ini Dia 5 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Remmu Blong

Zetizen.com – Beberapa waktu yang lalu, kecelakaan yang terjadi di puncak akibat rem blong menyebabkan banyak korban berjatuhan. Nah, meski kita nggak ingin rem blong atau brake failure terjadi, tapi kamu harus tetep waspada dan jaga-jaga guys. Ini dia tips yang bisa kamu lakukan ketika kamu mengalami brake failure di jalan agar tidak mencelakakan diri sendiri maupun orang lain.

Turunkan Gigi Menuju Paling Kecil Secara Berurutan

Turunkan Gigi Menuju Paling Kecil Secara Berurutan

engine brake akan memaksa mobil untuk mengurangi kecepatannya (reddit)

Baik automatic maupun manual, keduanya sama-sama memiliki sitem persneling ataupun gigi. Bedanya, automatic tidak perlu memindahkan giginya secara manual. Jika tiba-tiba rem kamu mengalami brake failure, kamu bisa nih menurunkan gigi mobil kamu ke bagian yang paling kecil secara berurutan.  Secara otomatis, mobil kamu bakalan mengalami engine brake yang memaksa mesin untuk menurunkan keecepatan kamu.

Injak Terus Pedal Rem

Injak Terus Pedal Rem

memompa sistem rem di mobil kamu akan kembali mengaktifkan sistem rem secara perlahan (driversedguru)

Pernah tau Hukum Pascal yang menjelaskan tengan sistem hidrolik? Nah, hal ini juga sangat bermanfaat loh buat kamu yang sedang dalam keadaan darurat karena mengalami brake failure. Caranya adalah dengan menginjak secara terus menerus dengan sekuat-kuatnya ke pedal rem kamu. Memang ini bakal bikin kamu sedikit capek karena agak lama. Tapi dengan kamu melakukan pompa kepada sistem remmu, nantinya rem kamu akan berfungsi lagi secara perlahan loh akibat tekanan yang kamu buat.

Handbrake Dengan Posisi Stir Lurus

Handbrake Dengan Posisi Stir Lurus

dengan posisi lurus, handbraking akan menjadi lebih aman (driversedguru)

Ketika kamu bermain game racing dan melakukan drifting, kecepatan kamu secara perlahan akan berkurang karena melakukan handbraking. Nah, hal ini bisa kamu coba dengan catatan ban kamu masih tebal ya. Soalnya cara ini bakal bikin ban kamu habis tergerus aspal. Kalau kamu memaksakan dengan kondisi ban gundul yang terjadi bisa-bisa malah ban meletus dan menyebabkan kecelakaan yang lebih parah. Oiya, jangan pernah membelokkan stirmu ya supaya nggak berbelok tak terkendali.

Gesekkan ke Pinggiran Jalan atau Bahu Jalan untuk Mengurangi Kecepatan

Gesekkan ke Pinggiran Jalan atau Bahu Jalan untuk Mengurangi Kecepatan

gesekan yang terjadi antara body mobil dan pinggiran jalan akan mengurangi kecepatan mobil kamu (leankit)

khusus yang satu ini bakalan sedikit risky dan bikin mobil kamu jadi baret. Tapi hal ini bakal menyelamatkan banyak nyawa kok. dengan gesekan yang terjadi antara badan mobil kamu ke bahu jalan atau pembatas jalan, maka secar otomatis kecepatan mobil kamu akan berkurang. Tapi, sebelumnya kamu harus perhatikan juga kondisi jalanan apakah aman atau cukup ramai pejalan kaki.

Berikan Tanda ke Pengemudi Lain

Berikan Tanda ke Pengemudi Lain

isarat hazard lamp dan klakson dapat memperingatkan pengemudi lain (typepad)

Hal yang satu ini terlihat simpel tapi bisa sangat membantu menyelamatkan pengemudi sekitarmu loh. yaitu dengan cara menyalakan lampu hazard dan membunyikan klakson. Dengan hal ini, pengemudi lain akan mengalihkan perhatian ke kamu. At least, meski beberapa nggak paham maksud kamu, mereka bakal menepi untuk memberi jalan agar kamu bisa melintas

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article