Are You a Zetizen?
Show Menu

Ini Hal-Hal yang Cuma Kamu Rasakan Saat Parkir Liar

Nourma Vidya Nourma Vidya 10 Mar 2017
Ini Hal-Hal yang Cuma Kamu Rasakan Saat Parkir Liar

Zetizen.com – Datang sepi, pulang ditarikin duit. Kamu yang suka parkir liar pasti akrab kan sama kejadian kayak gitu? Iya, emang cuma kamu yang suka parkir di tempat nggak resmi yang bakalan ngerasain hal-hal berikut.

 

Foto : atelier

Jadi Saksi Terjadinya ‘Magic’

Entah dapat keahlian dari mana, para tukang parkir liar ini seolah punya kemampuan magic. Yes, waktu kamu datang mereka nggak ada. Tapi tiba-tiba nongol gitu aja waktu kamu mau pulang. Ngeselinnya, ada aja tukang parkir yang malah langsung ngilang lagi waktu kamu udah bayar. Hasilnya? tetap aja kamu harus repot-repot ngeluarin motor sendiri meski udah bayar parkir.

 

Parkir Nggak Sampai 5 Menit, Dua Ribu Melayang

Kalau kejadian satu ini, pasti pernah banget kamu alami terutama waktu pergi ke ATM. Gimanapun, melakukan transaksi di ATM biasanya nggak memerlukan waktu lama. Tapi sebelnya, ada aja tukang parkir yang tiba-tiba nongol entah darimana. Ujung-ujungnya, parkir nggak sampai lima menit, duaribu tetap melayang. Nyebelinnya kalau ternyata ATM nya rusak, kamu tetap harus bayar parkir.

 

Foto : mountaingoatsoftware

Biaya parkir Jadi Berlipat Ganda

Sesuai peraturan Dinas Perhubungan, biaya parkir untuk motor harusnya ditetapkan sebesar Rp 1.000,- saat normal, dan Rp 2.000,- waktu ada event. Sementara buat mobil, tarif parkir berkisar antara Rp 2.000,- hingga Rp 4.000,-. Tapi kenyataannya, kamu pernah nggak sih ditarik membayar uang dengan nominal yang jauh daripada itu? Malah di beberapa event, si tukang parkir bisa mematok biaya hingga Rp 10.000,- untuk mobil. Waduh!

 

Spion Terbalik, Helm Tertukar

Namanya parkir di tempat umum, apalagi waktu lagi ada event super ramai, keamanan kendaraan tentu nggak bisa terjamin sepenuhnya. Hal ini bukan sepenuhnya kesalahan tukang parkir, tapi karena emang kondisi yang nggak mendukung. Alhasil, jangan kaget deh kalau waktu kamu balik beberapa perubahan bakal ditemukan di kendaraanmu. Paling sering, adalah kaca spion yang terbalik sampai patah. Juga, kadang helm pun bakal ikut tertukar karena jatuh dan asal ditaruh oleh tukang parkir yang ada. Pernah jadi korbannya?

 

Foto : capebretonpost

Motor Pindah Jauh dari Tempat Awal

Di berbagai tempat parkir liar seperti taman, event, atau parkir luar mall, lahan untuk parkir emang biasanya ‘dipaksakan’. Di lahan yang sempit seperti pinggiran jalan, ratusan bahkan ribuan motor harus ditata agar muat. Mungkin karena inilah, para tukang parkir liar biasanya dibekali sebuah skill khusus untuk mampu memaksimalkan lahan sempit itu jadi efektif. Alhasil, mereka harus mengubah-ubah tatanan motor agar lahan menjadi muat. Kalau udah gini, kamu deh yang harus siap dibikin pusing. Saat datang kamu merasa parkir di timur, eh waktu balik motormu udah pindah di barat. Hehe, pernah ngalamin nggak?

 

Nah pengen tahu lebih banyak soal fenomena parkir liar ini? simak aja halaman Zetizen koran Jawa Pos edisi Sabtu, (3/11)

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article