Are You a Zetizen?
Show Menu

6 Tips Main Instagram buat Menarik Followers

Diana Hasna Diana Hasna 15 Nov 2016
6 Tips Main Instagram buat Menarik Followers

Zetizen.com - Jaman sekarang siapa sih anak muda yang nggak suka main Instagram? Nggak dipungkiri, jumlah followers dan like jadi hal penting. Nah, kemarin (14/11) Yovita Lesmana, Personal Trainer menyampaikan aturan tesebut lewat social media class ke finalis Red-A Zetizen Model 2k16 dan The Zetizen Boys 2k16 di Pop! Hotel Stasiun Kota, Surabaya nih! Apa aja ya?

 

Yovita Lesmana memberikan penjelasan seputar sosial media. (Foto: Aini Zetizen)

 

 

1. Variasi Konten Foto

Instagram itu ibarat galeri atau album foto manusia masa kini. So, nggak ada aturan harus foto seperti apa yang mau kalian posting. “Meskipun apa yang harus diposting bebas, tapi coba lebih bereksperimen dalam mengunggah postingan. Misalnya, nggak harus semua foto yang diunggah itu selfie atau OOTD. Bisa coba foto flat lay photography dan hands in frame atau masih banyak lagi angle foto yang bisa menarik untuk diketahui followers,” ujar Yovita.

Finalis Red-a Zetizen Model 2k16 coba mencari angle terbaik. (Foto: Aini/Zetizen)

 

 

 

2. Feed dengan Ciri Khas

Pengguna instagram juga harus memiliki statement dari tampilan feed-nya. Mulai dari kesamaan tone warna hingga moment foto yang diposting. Karena lebih bisa menarik followers atau pengguna instagram lainnya buat menanti apa yang di-posting.

Misal setiap weekend kalian mengisi feed dengan postingan foto rekomendasi tempat nongkong atau cafe unik. Lalu di beberapa waktu, kalian isi feed dengan postingan quotes dan lain sebagainya.

Contoh akun instagram dengan feed berciri khas. (foto: Instagram)

 

3. Waktu Terbaik Posting

Ada 4 waktu terbaik untuk posting foto nih menurut kak yovita lesmana nih! Kamu bisa pilih salah satunya.

  • Pertama pada pagi hari kurang lebih pukul 6 sampai 7 dimana orang akan mulai beraktifitas dan banyak membuka gadget.
  • Kedua saat menjelang makan siang sekitar pukul 12.
  • Yang ketiga saat sore hari sekitar pukul 4 sampai 5 sore dimana orang-orang selesai beraktifitas dan memilih membuka gadget unuk melepas lelah
  • Dan yang terakhir sekitar pukul 9 sampai 10 malam dimana banyak orang mengisi waktu sebelum tidur dengan bermain gadget.

 

4. Caption Foto

Satu lagi hal sepele yang banyak diabaikan oleh pengguna instagram yang ternyata juga bisa menarik followers yaitu caption. “Caption itu penting banget. Simple dan sederhana asal berhubungan dengan gambar yang diposting. Satu lagi sangat dilarang menyebutkan kata-kata endorsmen di caption atau location meskipun kita meng-endorsment suatu produk,” tambah Yovita.

Selain itu, pemberian hashtag (#) atau tagar juga bisa ditaruh di caption. Asalkan, hashtag-nya sesuai dengan foto/gambar yang di-posting. Hashtag bisa memudahkan followers dan user instagram buat menemukan posting-an kamu di tab explore mereka.

 

 

Nah, apa kata Queen and King Instagram?

 

5. Punya Mode Edit Foto Khusus

Foto: dok. pribadi

 

“Dua hal sih menurutku yang bisa bikin followers kita bertambah yaitu caption dan feed. Aku pribadi sampai punya aplikasi edit foto dan mode edit khusus yang aku pakai di semua postingan foto Instagramku. Dan kalau belum nemu caption, aku lebih memilih nggak posting apa pun. Jadi, isi caption pasti bener-bener aku pikirin dan original buatanku loh hehe..”

Tasya Octav @tasyaoctav 

 

 

6. Yang Penting Bukan Settingan

Foto: dok. pribadi

 

“Kalau menurutku sih nggak ada statement atau aturan kalau mau posting foto Instagram. Dan itu lebih alami dan nggak settingan. Jadi followers bakal tertarik karena selalu menunggu update terbaru dari kegiatan yang kita lakukan. Satu lagi, nggak perlu deh posting foto sok keren atau bahkan pamer kenakalan kayak anak jaman sekarang. Yang ada itu malah bikin image kita yang jadinya malah jelek,”

M. Sabilal Alif @sabilalalifn

 

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article