Are You a Zetizen?
Show Menu

Ketika Kamu Gagal, Ini 5 Hal yang Membuatmu Lebih Tegar dan Siap Bangkit Lagi

Wafa Muqsithoh Wafa Muqsithoh 20 Sep 2017
Ketika Kamu Gagal, Ini 5 Hal yang Membuatmu Lebih Tegar dan Siap Bangkit Lagi

"Manusia boleh berusaha, tapi Tuhan yang menentukan hasilnya," -

Zetizen.com - Semua orang pasti pengin punya kehidupan yang bahagia dan sesuai dengan keinginan. Tapi seringkali hidup justru nggak berjalan sesuai apa yang kita rencanakan. Kadang musibah menimpa, kadang sesuatu yang kita khawatirkan terjadi, bahkan nggak jarang kamu harus menghadapi berbagai kegagalan.

Kesel? Udah pasti. Kecewa? Wah nggak usah ditanya. Sedih? Putus asa? Manusiawi kok! Namun, seburuk apapun kegagalan yang kamu alami, Kamu harus tahu, kalau banyak hal positif dibalik sebuah kegagalan. Ini hal-hal yang bakal bikin kamu makin tegar.

 

Mengalami Kegagalan Adalah Bukti Kamu Orang yang Berani

Kegagalan disebabkan kurang siapnya kamu menghadapi sesuatu yang baru. Dan cuma orang berani lah yang mau mengambil resiko mencoba hal baru yang belum dikuasai sepenuhnya. Jadi kegagalan membuktikan kalau kamu adalah orang yang udah berani mengambil langkah baru diluar comfort zone mu. Congratz!

 

Pasti Ada Hikmah Dibalik Tiap Kegagalan

Kayak kutipan kalimat di atas, kamu emang bisa merencanakan apapun, tapi Tuhan jelas punya rencana yang lebih baik. Makanya, pasti ada hikmah dibalik tiap kegagalan yang kamu alami. Coba deh kamu telaah lagi semua kejadian yang udah kamu alami, dan bandingkan dengan apa yang kamu dapatkan setelahnya. Udah terasa?

 

Bukan Cuma Kamu yang Gagal, Bahkan Bill Gates, Steve Jobs, sampai Thomas Alva Edison pun Pernah Gagal

Saat mengalami kegagalan adalah saatnya kamu meresapi makna pribahasa 'Kegagalan adalah sukses yang tertunda'. Sebab, coba deh kamu baca-baca lagi buku sejarahmu. Nggak ada tokoh besar manapun yang nggak pernah mengalami kegagalan sebelumnya. Jadi nggak usah khawatir, justru saat kamu gagal, berarti kamu baru aja mendapat pelajaran besar untuk meng-upgrade kemampuanmu kedepannya.

 

Ceritakan Kegagalanmu dengan Bangga, dan Belajarlah dari Respon Orang-Orang

Kamu nggak bisa sukses sendirian. Itu berarti, dalam menghadapi kegagalan pun, kamu juga nggak bisa survive sendiri. Saat kamu merasa down, ceritain aja kegagalanmu ke orang-orang terdekatmu. Dengarkan mereka. Minta mereka memberi masukan, kritik, atau bahkan cibiran terhadap apa yang telah kamu lakukan. Catat baik-baik respon mereka dan jadiin itu sebagai pelajaran buat menyusun langkahmu kedepannya.

 

Jadikan Kegagalanmu Sebagai Sejarah yang Bakal Selalu Kamu Ingat

Kegagalan adalah guru yang terbaik. Inilah kenapa sesukses apapun kamu nantinya, momen-momen kegagalanmu ini nggak bakal pernah terlupakan. Soalnya, ketika kamu udah jatuh-sejatuhnya, maka nggak ada pilihan lain selain bangkit dan terbang ke-atas.

It might sounds cheesy, tapi satu hal yang harus kamu yakin, ketika kamu gagal 1000 kali, maka pastikan kamu bangkit 1001 kali. So, semangat terus buat mengejar cita-cita dan nggak usah takut sama kegagalan!

 

Editor: Bogiva 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article