Are You a Zetizen?
Show Menu

Tak Jumpa pun Tak Apa

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 26 Dec 2022
Tak Jumpa pun Tak Apa

Sapa Followers lewat Fitur live di Instagram

Zetizen-Sejak masa pandemi Covid-19, penggunaan fitur live di instagram (IG) dikabarkan naik hingga 70 persen. Nggak heran kalau akhirnya banyak tokoh, termasuk influencer, yang ikut memanfaatkan fitur ini untuk memberikan konten-konten positif kepada penggemarnya. Seperti apa sih keseruan program IG live para influencer Indonesia? (fik/c20/rat)

Belum ada kesempatan pergi ke luar negeri? instagram live yang satu ini bisa jadi solusinya. Berbincang-bincang dengan para tour guide alias travel buddies, Whatravel bakal memberikan informasi tentang serunya perjalanan ke luar negeri. ’’Tujuannya memang untuk berbagi informasi. Apalagi buat yang penasaran gimana sih kerjanya travel buddies itu,’’ jelas Kirana RY, host Talk With Trip Buddies.

Walaupun program itu baru berjalan empat episode, Kirana mengaku banyak pengalaman unik saat live. ’’Aku kan juga belum mengunjungi semua negara, jadi ada cerita-cerita dari travel buddies yang bikin aku kaget. Misalnya, di Korea Utara itu kalau foto monumen nggak boleh kepotong, harus full,’’ ceritanya.

Selain itu, antusiasme dari viewers nggak jarang mengagetkan dia. ’’Jadi, ada satu akun yang dia tuh komentar kalau dia niatnya nonton buat iseng aja. Tapi, kok aku perhatiin udah empat episode ini akun itu join terus pas aku live. Bahkan, aku sampai hafal username-nya dan itu somehow bikin aku semangat buat live sih hehe,’’ ungkapnya.

’’Niatnya untuk menghibur. Apalagi banyak teman komika yang kangen panggung. Yang tersedia sekarang adalah panggung digital ini,’’ ujar Randhika Djamil, host program IG live Shaum StandUpIndo. Dipandu juga oleh Hifdzi Khoir secara bergantian, program ini berupa ngobrol santai yang mengundang komika sebagai bintang tamu.

Berhadapan dengan netizen, Randhika atau yang akrab disapa Dhika itu pasti mengalami banyak hal unik. ’’Kadang pas lagi live, ada aja tuh komentar-komentar aneh. ’Ah nggak lucu’, ’Bang, ditungguin ini lucunya’. Padahal, momennya pas itu emang lagi ngobrol aja, bukan mau ngelucu,’’ cerita cowok berkacamata tersebut.

Walaupun agak berbeda dengan tampil di depan penonton tanpa layar kaca, Dhika nggak patah semangat untuk tetap live. ’’Karena kan ketawa penonton adalah energi kita. Jadi kita tetap butuh respons. Kadang kan di komentar suka ada yang ngirim emoticon ketawa gitu. Jadinya gue cuman bisa membayangkan, ’Oh orang ini ketawa. Alhamdulillah berarti ada yang suka’. Walaupun gue juga nggak tau dia beneran ketawa atau nggak,’’ guraunya.

Berawal dari rasa ingin berbagi, dr Arti Indira MGz SpGK bersama dr Teuku Adifitrian SpBP-RE atau lebih dikenal sebagai dr Tompi menggagas #TalkshowBergizi. ’’Karena baru kali pertama coba, pas awal-awal ada aja masalahnya. Apalagi, mostly kan saya dan dr Tompi yang handle langsung. Makin ke sini ya semakin oke,’’ tutur dr Arti.

Pada setiap episode, #TalkshowBergizi selalu menghadirkan pakar. Topik yang dibahas pun berdasar permintaan netizen. ’’Jadi, kami coba bahas apa yang jadi pertanyaan masyarakat. Karena memang tujuannya untuk edukasi,’’ ujar dokter spesialis gizi lulusan Universitas Indonesia tersebut.

Selama live, dr Arti mengaku sering mendapatkan netizen yang salah topik. ’’Misalnya, sekarang lagi bahas tentang diabetes. Eh, ada yang nanya tentang reproduksi. Sering juga ada yang curhat seputar mitos. Contohnya, ’Dok, saya dikasih tahu ibu saya kalau ibu menyusui nggak boleh makan pedas atau amis. Saya cuma nurut tanpa tahu alasan medisnya’. Hal-hal kayak gini yang suka bikin lucu,’’ ucapnya.

Tetap Aman di Media Sosial

Zetizen-Baru saja netizen gempar karena data pelanggan salah satu e-commerce besar di Indonesia dibobol. Yang bikin seram, password e-mail juga kelihatan! Banyak yang kebingungan. Sebab, kalau disalahgunakan, nggak cuma akun e-commerce tersebut yang terdampak. Gimana sih caranya biar nggak ketar-ketir saat main media sosial? (fik/c20/rat)

Periksa E-Mail Punyamu Sekarang!

Gunakan situs seperti avast hack check atau haveibeenpwned.com untuk mengetahui apakah ada situs atau pihak lain yang menyalahgunakan e-mail punyamu. Kalau ada, unsubscribe dari semua situs tersebut dan segera ganti password-mu.

Pisahkan Sesuai Kebutuhan

Biar nggak kejadian lagi, sebaiknya kamu pisahkan e-mail berdasar fungsinya. Misalnya, e-mail khusus tugas sekolah atau kuliah, e-mail khusus media sosial, khusus subscription semacam Netflix atau Spotify, dan e-commerce. Dengan begitu, saat ada yang kebobolan, hacker nggak bisa mengetahui semua akun yang kamu punya dalam sekali akses

Gunakan Private Window atau Incognito

Nggak terbiasa ya? Yuk, mulai dibiasakan memakai private window (Safari dan Mozilla) atau incognito window (Google Chrome). Window ini nggak akan menyimpan cookies dan mencatat aktivitas browser[1]mu. Jadi, just in case ada yang memakai browser di device yang sama, nggak akan ada jejaknya.

Zetizen-Nggak cuma artis dan influencer yang bisa bikin program live di Instagram. Kamu juga bisa kok! Caranya gampang banget. Topiknya juga banyak. Check this out! (fik/c20/rat)

ALAT YANG DIBUTUHKAN:

  • Smartphone yang punya aplikasi Instagram-nya, kamera yang nggak ngeblur, dan RAM memadai biar aplikasinya nggak menutup sendiri di tengah jalan.
  • Koneksi internet yang stabil. Kan nggak lucu kalau udah ngomong panjang, eh ternyata ke-pause karena internetnya lemot.
  • Lighting Nggak harus lighting buat studio kok. Lampu ruangan sudah cukup atau ditambah lampu meja belajar kalau kurang.
  • Earphone penting banget biar suara terdengar jelas dan nggak menggema kalau live berdua.

Notice nggak sih kalau memasak jadi hobi baru orang-orang selama diam di rumah? Nah, kalau merasa jago masak atau bikin kue, kamu bisa berbagi tip lewat IG Live. Selain biar followers-mu nggak bosan dengan konten berbentuk carousel, kamu dan followers-mu bisa saling berbagi tip dan trik memasak loh! Pssst… Kalau kamu punya bisnis makanan, program ini bisa sekaligus mempromosikan produkmu.

Iya, kalian pencinta fotografi biasanya mbolang hunting foto. Ditahan dulu ya. Kamu bisa memanfaatkan setiap sudut di rumah kok. Terapkan trik-trik fotografi yang kamu punya sambil sharing bersama para pencinta fotografi lain secara live di Instagram. Pada akhir program, kamu bisa mengajak followers-mu buat bikin virtual photo shoot. Yay!

RELATED ARTICLES

Please read the following article