Are You a Zetizen?
Show Menu

Baju Baru Harus dicuci Dulu

Zetizen Zetizen 29 Jun 2016
Baju Baru Harus dicuci Dulu

 

 

Zetizen.com – Siapa sih yang tahan nggak segera memakai baju baru? Kalau ada yang baru, biasanya baju yang lama jadi kurang menarik. Boleh-boleh aja sih kayak gitu. Tapi, jangan lupa dicuci dulu ya! Semakin banyak nih orang yang menganggap remeh. Mentang-mentang nggak kusut, eh, main pakai aja. Yuk, simak alasan kenapa baju barumu WAJIB dicuci dulu!

 

Baju baru harus dicuci sebelum dipakai, terutama baju yang bersentuhan

dengan kulit dan bakal dipakai saat berkeringat.” - Lana Hogue, a clothing manufacturing expert.

 

Entah sudah berapa orang yang mencoba baju barumu itu. Jelas dong banyak bakteri dan kuman yang menempel. Tapi, kalau hal itu nggak cukup bikin kamu takut, ingatlah zat kimia yang menempel. Menurut Hogue, semua kain pasti diberi zat kimia. Nah, zat tersebut punya efek samping yang bikin kulit iritasi loh. Misalnya, muncul ruam-ruam merah yang gatal. Perlu diingat, bukan bajunya yang diberi zat kimia, tapi bahan bakunya. Jadi, baju berlabel “100% cotton” belum tentu bebas zat kimia.

 

Meski baju dibuat di suatu tempat, bahan-bahannya berasal dari berbagai negara loh. Zat yang paling sering dipakai adalah pewarna azo-aniline dan formaldehyde resin yang menyebabkan iritasi. “Formaldehyde adalah karsinogen tingkat tiga. Meski jumlah yang dipakai sedikit, siapa yang mau terkena karsinogen terus-menerus?” kata Hogue.

 

Menurut Donald Belsito, profesor dermatologi Columbia University Medical Center, mencuci baju seharusnya dilakukan sejak di pabrik tekstil. Dengan begitu, bakteri, kutu, dan jamur bisa dihilangkan secara maksimal. “Aku pernah tahu kasus dimana kutu menular gara-gara mencoba baju di toko. Kalau begitu, penyakit jelas bisa menular melalui baju,” tutur Belsito.

 

 

Serem kan? Makanya, jangan malas mencuci baju baru ya! Cuma dengan mencuci, bakteri, kutu, dan jamur yang menempel bakal berkurang drastis kok. Clothing yang hukumnya WAJIB dicuci dulu:

 

  1. Kaos kaki

  2. Underwear

  3. Baju dalam/rangkapan

  4. Baju olahraga

  5. T-shirt

  6. Celana

 

Keringat membuat pori-pori tubuh membuka dan kulit bisa dengan mudah menyerap zat-zat kimia pada pakaian.”

 

Tapi, ada juga baju yang nggak perlu kamu cuci dulu. Yaitu:

  • Baju renang. Air kolam renang sudah bisa menghilangkan zat-zat kimia berbahaya yang menempel. Tapi, kalau nggak langsung dipakai untuk berenang, berjemur dulu misalnya, kamu wajib mencucinya dulu.

  • Baju pesta.

  • Outerwear. Misalnya, jaket, sweater, kardigan. Kan nggak langsung menyentuk kulit.

 

(thewallstreetjournal/rat)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article