Are You a Zetizen?
Show Menu

Belajar Teknologi Masa Depan Manusia

Ratih Mg Ratih Mg 11 Apr 2022
Belajar Teknologi Masa Depan Manusia

MUSIM seleksi masuk perguruan tinggi telah tiba. K a m u s u d a h menentukan jurusan dan universitas belum? Atau, malah masih bingung mau pilih apa? Well, kalau kamu punya minat pada teknologi di masa depan, jurusan teknik robotika dan kecerdasan buatan jawabannya. Jurusan tersebut hanya ada satu di Indonesia, lho. Wah!

Universitas Airlangga Surabaya baru meresmikannya pada 2020. Tentu, jurusan tersebut memiliki daya tarik besar di era Industri 5.0. Kamu bakal belajar pengembangan integrasi teknologi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang cerdas.

Mata kuliah yang dipelajari menjurus pada robotika dan kecerdasan buatan. Mulai teknologi informasi yang mencakup algoritma, pemrograman,jaringan, komputer dan IoT atau internet of things, dasar sistem fisik siber yang meliputi mekatronika, elektronika, sistem kontrol dan otomasi, sistem embedded, hingga desain beserta aplikasi robotika dan kecerdasan buatan. Oh iya, kamu juga akan bertemu kembali dengan pelajaran sains seperti matematika dan fisika dasar.

’’Setelah mempelajari mata kuliah dasar, mahasiswa akan memilih penjurusan ke arah robotika atau kecerdasan buatan di semester berikutnya. Ada banyak pengalaman menarik yang bisa didapatkan selama kuliah di jurusan ini. Seperti program pengabdian masyarakat dengan media robotika, bergabung dalam komunitas robotika, dan ikut berbagai kompetisi robot di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Andi Faiz Naufal Zain, mahasiswa angkatan pertama jurusan teknik robotika dan kecerdasan buatan.

Sebagai persiapan masuk jurusan tersebut, kamu bisa mulai mempelajari pemrograman dasar berbahasa C dan review materi fisika dasar saat SMA. Buat yang masih awam soal robot, no worries! ’’Kita benar-benar diajari dari nol kok. Kesulitan dalam menyesuaikan ritme belajar akan teratasi dengan adanya lingkungan pertemanan yang saling mendukung dan dosen yang responsif,’’ imbuhnya.

Ke depan, akan semakin banyak sektor yang memanfaatkan robot dan AI. So, lulusan dari jurusan ini pasti banyak dicari dan punya prospek yang cerah. Kamu bisa berkarier sebagai data scientist, tenaga ahli otomasi industri, tenaga ahli kecerdasan buatan, tenaga ahli robotika, software developer, hingga CEO start-up digital. Karena terhitung jurusan baru dan belum umum, peluang kamu masuk jurusan tersebut juga besar. Good luck! (arm/c12/lai)

Why You Should Choose It

Perkembangan AI dan robot membantu meringankan pekerjaan manusia. 

Banyak perusahaan yang mulai menggunakan teknologi robot dan AI untuk meningkatkan produk dan layanan.

Pada 2030,pasar AI diperkirakan berkontribusi besar dalam ekonomi dunia hingga  USD 15,7 triliun.

Fleksibel ke berbagai lini industri. Terjun di dunia karier dengan gaji besar. Bisa bikin robot yang bermanfaat.

Melek teknologi.

Memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan perancangan robot dan AI yang maksimal. (arm/c12/lai)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article