Are You a Zetizen?
Show Menu

Remaja Kreatif ,tapi Lemah

Ratih Mg Ratih Mg 26 Apr 2022
Remaja Kreatif ,tapi Lemah

Zetizen-Lahir di tengah kemudahan teknologi, generasi Z kerap disebut generasi instan. Maunya serbacepat dan praktis. Meski begitu, gen Z dikenal sangat kreatif, lho. Sayang, mereka mudah goyah sama keadaan sekitar. Dari situ, muncullah sebutan strawberry generation. Hmm, generasi apa lagi tuh? Yuk, cari tahu! (elv/c12/lai)

Istilah strawberry generation kali pertama diperkenalkan di Taiwan buat mereka yang lahir pada 1990-an atau yang biasa disebut generasi Z.

Disebut strawberry generation karena buah stroberi yang cantik itu mudah rusak ketika terkena benturan. Sama halnya dengan generasi Z yang ’’katanya’’ nggak tahan sama tekanan sosial.

Strawberry generation mendapat stigma generasi yang egois, manja, lemah mental, dan arogan.

Pandangan tersebut muncul karena generasi Z dibesarkan dalam lingkungan orang tua protektif yang menyediakan semua kenyamanan untuk anaknya. Sebagaimana buah stroberi yang ditanam di rumah kaca terlindungi.

 

Prof Rhenald Kasali

UNIVERSITAS INDONESIA

 

Menurut Prof Rhenald Kasali, strawberry generation memiliki banyak ide kreatif, tetapi mudah menyerah dan sakit hati. Well guys, kita harus terbiasa menghadapi tantangan agar memiliki daya juang.

Beberapa tanda strawberry generation, antara lain, mudah putus asa, sulit keluar dari zona nyaman, sering plinplan, dan pengin sukses secara instan. 

Karakter tersebut nggak hanya muncul karena pola asuh, tetapi juga perubahan dunia yang semakin cepat dan kompetitif.

Nah, kalau strawberry generation populer di Asia, orang Western menyebutnya dengan snowflakes generation. Ada juga istilah durian generation dari Singapura untuk orang yang ’’lembek’’, tapi terlihat arogan di luar karena dukungan orang tua semata.

Be A Strong Gen!

Zetizen-Nggak mau kan dicap generasi lembek? Untuk itu, kita perlu melatih diri dan memiliki mindset yang benar. Jangan takut menghadapi tantangan. Itu akan membuatmu lebih mandiri dan tahan banting. Sudah saatnya menunjukkan kalau gen Z nggak selemah itu. Lesgo! (elv/c12/lai)

Jadi Pemberani, Jangan Takut Gagal
Nggak ada yang luput dari kesalahan dan kegagalan. Sebagai generasi yang kreatif, kamu harus berani mencoba dan pantang menyerah! Kegagalan yang kamu alami justru akan membantu proses belajar dan membuatmu lebih unggul. Jangan sampai perasaan takut salah membatasimu untuk berkembang. Miliki sikap yang gigih, disiplin, dan mau belajar. Be brave!

Teguhkan Diri dan Fokus di Jalanmu
Berhadapan dengan lingkungan yang terus berubah memang kadang bikin galau dan bingung. Di sini pentingnya memiliki tekad yang kuat. Jangan gampang terombang-ambing! Nanti malah terbawa arus negatif lagi. Berhenti, deh, membandingkan diri dengan orang lain. Semua punya jalan sukses masing-masing. Mulailah melakukan yang terbaik di setiap langkahmu.

Ingat, Nggak Ada Yang Instan
Kesuksesan itu perlu proses yang panjang, kawan! Sikap strawberry generation yang cenderung malas dan mau hasil instan bikin mereka mudah menyerah. Belajar bersabar adalah hal yang bisa kamu lakukan. Kalau mulai burn out, ambil waktu rehat dan kembali lagi dengan semangat yang baru. Nikmati setiap prosesnya!

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article