Are You a Zetizen?
Show Menu

Stay Healthy at Home with Smartband!

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 23 Dec 2022
Stay Healthy at Home with Smartband!

Perangkat Wearable Kecil Serbabisa, Pantau Olahraga dan Kesehatan secara Lengkap

Zetizen-Sebelum masa pandemi virus Covid-19, apa sih kegiatan olahraga favorit kalian sehari-hari? Nge-gym di luar rumah atau mungkin lari-lari kecil di sekitar kompleks rumah? Sayangnya, dua olahraga ini nggak lagi disarankan mengingat kita harus menerapkan physical distancing atau jaga jarak dengan orang lain.

Otomatis, kita lebih disarankan beraktivitas di rumah, termasuk olahraga. Banyak sekali jenis olahraga atau home Workout yang bisa dilakukan di rumah. Antara lain, olahraga dengan alat seperti treadmill, sepeda statis, atau jenis olahraga lainnya yang tidak membutuhkan alat bantu sama sekali. Supaya bisa tetap memantau hasil olahraga dengan tepat, kita bisa menggunakan perangkat wearable kecil yang satu ini. Yaitu, gelang pintar atau yang sering disebut dengan smartband.

Berbeda dengan smartwatch, smartband punya dimensi yang jauh lebih kecil. Sesuai namanya, bentuknya menyerupai gelang yang melingkar di pergelangan tangan. Walaupun begitu, fiturnya nggak kalah lengkap dengan smartwatch saat ini. Kebanyakan smartband yang tersedia dilengkapi fitur fitness tracking. Pada seri tertentu smartband juga bisa mencatat kegiatan olahraga di rumah, termasuk treadmill dan yoga.

Nggak hanya bisa digunakan ketika berolahraga, smartband ini juga bisa dipakai seharian selama berkegiatan. Selain jam dan tanggal layaknya jam tangan konvensional, layar yang dimiliki smartband bisa menampilkan notifikasi pesan yang masuk ke ponsel. Meski kekurangannya adalah layarnya yang terlalu kecil, setidaknya kita nggak perlu mengambil ponsel tiap kali ada notifikasi masuk dan cukup cek langsung dari pergelangan tangan.

Smartband modern dengan harga terjangkau ini juga sudah dilengkapi sensor pendeteksi detak jantung yang secara otomatis bisa memantau aktivitas seharian dan memberikan notifikasi ke ponsel bila terdeteksi terlalu tinggi atau rendah. Ketika smartband digunakan sembari tidur, aplikasi pada ponsel akan menampilkan informasi kualitas tidur di pagi hari saat kita terbangun seperti durasi tidur, kualitas light & deep sleep, dan sebagainya. smartband juga bisa digunakan sebagai alarm. Meski tanpa speaker, smartband bisa membangunkan pengguna dengan getaran yang cukup keras.

Dengan daya tahan baterai rata-rata lebih dari satu minggu, kita nggak perlu nge-charge smartband tiap malam. Harganya juga sangat beragam, mulai Rp 200 ribuan sampai Rp 1 jutaan. Kamu bisa pilih sesuai selera tampilan dan kebutuhan masing-masing. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan stay active at home ya! (pra/ c20/mel)

Aplikasi Penunjang Olahraga di Rumah

Zetizen-Udah pakai smartband, udah siap olahraga, tapi masih butuh penyemangat atau panduan untuk melakukan kegiatan olahraga? Tenang, kamu bisa memanfaatkan beragam aplikasi yang bisa ditemukan di Google Play Store (Android) maupun App Store (IOS). Salah satu aplikasi yang bisa kamu coba adalah 7 Minute Workout. Mau tahu apa aja fitur- fiturnya? Check it out! (pra/620/mel)

Aplikasi ini bisa kamu unduh dan pakai secara gratis langsung di smartphone-mu. Semua olahraga yang disajikan bisa dilakukan di rumah sehingga aman dan sangat sesuai untuk kondisi saat ini. Kamu bisa memilih challenge sesuai kemampuan. Mulai yang ringan sampai advanced. Dari teknik secara umum hingga fokus pada bagian tubuh tertentu.

Data olahraga nanti bisa disambungkan ke Apple Health maupun Google Fit sehingga hasilnya bisa lebih akurat yang kemudian digabungkan dengan data yang terekam dari smartband saat berolahraga. Kamu bisa mengecek progres setiap hari dan mencatat perkembangan berat badan dari waktu ke waktu.

Punya kendala memori smartphone yang terbatas? Worry not, kamu nggak perlu instal aplikasi dan bisa dengan mudah menemukan video tutorial olahraga di rumah (home workout) yang tersedia di YouTube. Gunakan keyword yang sesuai dengan tingkatan dan durasi yang kamu inginkan seperti 15 minutes beginner home Workout dan kamu akan temukan pilihan video sesuai kebutuhan. Asalkan rutin dan konsisten, kamu bisa merasakan sensasi berolahraga langsung dengan pelatih di gym.

RELATED ARTICLES

Please read the following article